100 Orang Petugas RSUD dr Adnaan WD Mengikuti Pelatihan BHD

Medianers ~ Sebanyak 100 orang petugas RSUD dr Adnaan WD mengikuti pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 11-12 Maret 2017 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Padang Alai, Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.
Panitia-pelaksana-dan-instruktur-pelatihan-bhd-rsud-dr-adnaan-wd-payakumbuh
Panitia pelaksana dan instruktur
pelatihan BHD photo bersama di depan SKB
"Pelatihan BHD ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan kemampuan petugas terhadap pertolongan pertama pada kasus gawat darurat. Pesertanya sebanyak 100 orang yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, dan petugas kesehatan lainnya, termasuk satpam dan petugas cleaning service. " Ungkap, dr.Elista Yosepha,MARS direktur RSUD dr Adnaan WD via telpon.

Direktur RSUD dr Adnaan WD yang dilantik awal tahun 2017 ini menambahkan, "Kita sedang mempersiapkan syarat akreditasi rumah sakit, yang mana seluruh petugas rumah sakit wajib memiliki sertifikat BHD dan mampu mengaplikasikannya."

Terpisah, Ns.Bismar,S.Kep selaku instruktur pelatihan BHD saat dihubungi melalui whats app menjelaskan, materi pelatihan BHD di hari pertama, sabtu (11/09) disampaikan oleh dr.Rita Daniati, Sp.JP, tentang kegawatan jantung paru, dan dr. Elvia, Sp.AN tentang kontrol jalan nafas. Kemudian dr.Ridwan Muchtar, Sp.B tentang trauma dan materi SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) disampaikan oleh dr.Sauki.

Pada hari ini, minggu (12/03) seluruh peserta pelatihan BHD dituntun oleh instruktur melakukan praktik dan demonstrasi pertolongan pertama pada penderita gawat darurat (praktik dilakukan pada boneka khusus), terutama memberikan pertolongan Bantuan Hidup Dasar.

Masih menurut Bismar, "Setelah selesai pelatihan, seluruh peserta mengikuti serangkaian tes dan kemudian akan dilakukan maintenance tiap 6 bulan sekali."

Pelatihan BHD ini akan terus bergulir, di tahun ini. Rencana akan ada 4 gelombang dalam tahun 2017. Gelombang pertama diikuti oleh 100 orang petugas RSUD dr Adnaan WD, dan masih ada 3 gelombang lagi. Petugas RSUD dr Adnaan WD yang belum mendapat pelatihan BHD sekitar 300 orang. akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Terakhir, dr.Elista Yosepha, MARS berpesan, ikutilah pelatihan BHD ini dengan serius. Skill yang didapat melalui in house training ini akan dievaluasi tiap enam bulan sekali. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh petugas yang mengikuti pelatihan bersungguh-sungguh mengikutinya.(AntonWijaya)