Manfaat Membacakan Buku Pada Anak

Manfaat-Membacakan-Buku-Pada-Bayi
Ilustrasi Anak-anak antusias
belajar dan membaca buku/
Photo: alana.io
Medianers ~ Mungkin Ayah dan Ibu bertanya-tanya tentang apa manfaat membacakan buku pada bayi atau balita. Bayi mungkin tidak akan mengerti segala sesuatu yang Anda bacakan.

Tentunya, Anda tidak akan menunggu sampai anak bisa memahami apa yang Anda katakan. Membaca buku dengan suara sedikit keras untuk bayi merupakan kegiatan bersama indah yang dapat anda lalukan secara terus- menerus dari pada hanya membiarkan anak bermain gadget sendirian.

Manfaat Membacakan Buku Pada Anak Balita

Beberapa manfaat membacakan buku atau menceritakan isi buku pada anak, diantaranya sebagai berikut:
  • Mengajarkan bayi tentang komunikasi
  • Memperkenalkan konsep-konsep seperti angka, huruf, warna, dan bentuk dengan cara yang menyenangkan
  • Membangun memori, dan keterampilan kosakata
  • Memberikan bayi informasi tentang dunia di sekitar mereka
Percaya atau tidak, pada saat bayi usia tahun pertama mereka akan mempelajari semua suara yang ia dengarkan disekitarnya dan bayi merespon dan berbicara dengan bahasa ciptaan mereka (hanya ia yang paham). Semakin banyak cerita yang Anda baca keras-keras, semakin banyak kosa kata anak dan akan berdampak anak lekas bisa berbicara.

Mendengarkan kata-kata pada bayi membantunya untuk membangun jaringan yang kaya dalam otak bayi. Orang tua sering berbicara / membaca kepada mereka. Dan, anak-anak yang membaca selama tahun awal usia mereka cendrung lebih mungkin untuk belajar membaca pada waktu yang tepat.
Baca Juga : Manfaat Melatih Gerakan Motorik Anak
Ketika Anda membaca, anak Anda mendengar Anda menggunakan banyak emosi yang berbeda dan suara yang ekspresif, yang meningkatkan perkembangan sosial dan emosional. Membaca juga mengajak bayi Anda untuk melihat, menyentuh, dan menjawab pertanyaan yang semuanya meningkatkan pembangunan sosial dan keterampilan berpikir. Dan, mampu meningkatkan kemampuan bahasa bayi dengan meniru suara, mengenali gambar, dan kata-kata belajar.
Baja Juga : Kiat Merangsang Anak Usia Dini Gemar Menulis
Tapi mungkin alasan yang paling penting untuk membaca dengan keras adalah bahwa hal itu membuat hubungan antara Anda dengan bayi. Suara Anda akan mudah ia kenali. Menghabiskan waktu membaca untuk bayi menunjukkan bahwa membaca adalah keterampilan belajar dini. Dan, jika bayi dan anak-anak sering membaca dengan sukacita, kegembiraan, dan kedekatan, maka mereka mulai mengasosiasikan buku dengan kebahagiaan dan membaca buku serta belajar bukanlah sesuatu yang menakutkan senantiasa.(AW)