Manfaat Inisiasi Menyusu Dini Bagi Ibu dan Bayi 1 Jam Pertama Kelahiran

Manfaat-Inisiasi-menyusu-dini-bagi-bayi-ibu
Ilustrasi bayi mungil / photo: alana.io
Medianers ~ Inisiasi menyusu dini (IMD) dalam istilah asing sering disebut early inisiation breastfreeding. Maknanya, memberi kesempatan pada bayi baru lahir untuk menyusu sendiri pada ibu dalam satu jam pertama kelahiran. Ketika bayi sehat di letakkan di atas perut atau dada ibu segera setelah lahir dan terjadi kontak kulit (skin to skin contac) merupakan pertunjukan yang menakjubkan, bayi akan bereaksi oleh karena rangsangan sentuhan ibu, dia akan bergerak di atas perut ibu dan menjangkau payudara.

Prinsip Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Inisiasi menyusu dini adalah proses membiarkan bayi dengan nalurinya sendiri dapat menyusu segera dalam satu jam pertama setelah lahir, bersamaan dengan kontak kulit antara bayi dengan kulit ibu bayi dibiarkan setidaknya selama satu jam di dada ibu, sampai dia menyusu sendiri.

Prinsip dasar inisiasi menyusui dini adalah tanpa harus dibersihkan dulu, bayi diletakkan di dada ibunya dengan posisi tengkurap dimana telinga dan tangan bayi berada dalam satu garis sehingga terjadi kontak kulit dan secara alami bayi mencari payudara ibu dan mulai menyusu.

"Prinsip dasar IMD adalah tanpa harus dibersihkan terlebih dahulu, bayi diletakkan di dada ibunya dan secara naluriah bayi akan mencari payudara ibu, kemudian mulai menyusu." (Rosita, 2008, p.32).

Kesimpulan dari pendapat di atas, prinsip IMD adalah cukup mengeringkan tubuh bayi yang baru lahir dengan kain atau handuk tanpa harus memandikan, tidak membungkus (bedong) kemudian meletakkannya ke dada ibu dalam keadaan tengkurap sehingga ada kontak kulit dengan ibu, selanjutnya beri kesempatan bayi untuk menyusu sendiri pada ibu pada satu jam pertama kelahiran.

Manfaat Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Inisiasi menyusu dini bermanfaat bagi ibu dan bayi baik secara fisiologis maupun psikologis yaitu sebagai berikut :

Manfaat  Inisiasi Menyusu Dini Bagi Ibu

Sentuhan dan hisapan payudara mendorong keluarnya oksitoksin. Oksitoksin menyebabkan kontraksi pada uterus sehingga membantu keluarnya plasenta dan mencegah perdarahan. Oksitoksin juga menstimulasi hormon-hormon lain yang menyebabkan ibu merasa aman dan nyaman, sehingga ASI keluar dengan lancar.

Manfaat  Inisiasi Menyusu Dini  Bagi Bayi

Bersentuhan dengan ibu memberikan kehangatan, ketenangan sehingga napas dan denyut jantung bayi menjadi teratur. Bayi memperoleh kolostrom yang mengandung antibodi dan merupakan imunisasi pertama. Di samping itu, kolostrom juga mengandung faktor pertumbuhan yang membantu usus bayi berfungsi secara efektif, sehingga mikroorganisme dan penyebab alergi lain lebih sulit masuk ke dalam tubuh bayi.

Bagaimana denagan bayi yang tidak IMD ?

Jika tidak melakukan Inisiasi Menyusu Dini, sedini mungkin akan kehilangan semua dari manfaat pentingnya IMD itu. Dalam buku Pediatrics, 2006. Disebutkan, menunda IMD bisa meningkatkan kematian, merujuk penelitian terhadap 10.947 bayi lahir antara Juli 2003-Juni 2004 di Ghana. Dari penelitian itu diketahui 22 persen bayi diselamatkan hidupnya bila mendapat ASI satu jam pertama setelah lahir.

"Menunda inisiasi menyusui dini akan meningkatkan kematian bayi. Seperti mamalia lain, yang akan mati saat tidak langsung menyusu pada induknya setelah lahir," tutur konsultan laktasi, Dr. Utami Roesli, Sp.A. Faktanya, lanjut Dr. Utami, bayi sudah siap menyusu 30-40 menit setelah lahir. Jadi, alangkah sangat bagus dan bermanfaat pada 1 jam pertama kelahiran, bayi menyusu sendiri pada ibu. Sekian.(Dihimpun dari berbagai sumber)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan