Bisakah Melahirkan Normal, Paska Operasi Sesar ?

Medianers ~ Tempo lalu ada yang bertanya, "Bang Apakah saya bisa melahirkan secara normal, sebab saya waktu melahirkan pertama di operasi sesar?" Tanyanya.

"Lah bagaimana hasil konsultasi dengan dokter ahli kebidanan dan kandungan, apa sarannya? " Tanya saya balik.

"Waktu konsultasi kemarin tuh, saya nggak nanya bang, cuma lihat perkembangan janin via USG dan nanya bagaimana kondisi janin saja. Saya lupa menanyakan ini, maka tanya sama abang. Mana tau abang tau." Ulasnya.

"Ketika itu, saya jawab wah abang tanya dulu ya sama dr.Efriza Naldi, Sp.OG." Jawab saya.

Kebetulan, saya berkesempatan menanyakan pada dr. Efriza Naldi hari kamis, (6/7) ia mengatakan, bahwa " Ibu hamil yang pernah melahirkan pertama secara sesar masih bisa melahirkan normal kembali, asalkan kondisi janin dalam keadaan dan posisi normal selama kehamilan."

"Melahirkan secara normal tidak dapat dilakukan, apabila ada penyulit, seperti lingkar panggul sempit, anak besar, PEB, dan Feital Distress, dan lainnya." Terang dr.Ef yang tiap hari berpraktik di RSIA Sukma Bunda Kota Payakumbuh.

Kesimpulan, Paska Operasi Sesar ibu hamil masih bisa melahirkan secara normal, asalkan tidak ada penyulit yang bisa membahayakan jika dipaksakan. Tindakan operasi hanya dilakukan apa bila secara normal tidak bisa dilakukan.
Baca Juga : Jenis Sayatan Operasi Sesar
Sebaiknya, bagi ibu hamil ketika akan berkonsultasi, bawa catatan kecil. Catat dulu apa saja yang ingin ditanyakan nanti ketika konsultasi. Agar tidak lupa. Dan, jangan lupa pula untuk selalu memeriksa kehamilan sesuai jadwal yang telah disarankan dokter ahli.(AW)