Karsinoma Sel Skuamosa atau Kanker Kulit

Medianers ~ Karsinoma sel skuamosa pada kulit siku tangan pada awalnya tumbuh kecil seperti kutil, namun dalam jangka 4 tahun sel skuamosa yang dikenal dengan kanker kulit tersebut terus membesar dan mekar.

Menurut penderita, Ny.X,(69 tahun) mulanya tumbuh kecil pada siku tangan sebelah kiri, kurang lebih sejak 4 tahun yang lalu. Kondisi demikian ia biarkan.

Berjalannya waktu, kadang-kadang terasa gatal dan sangat menganggu. Bahkan ketika ia garuk mengeluarkan darah. Dan juga terasa perih apabila bergesekan dengan lengan baju.

Dari waktu ke waktu tumor atau kanker kulit ( sel skuamosa) yang ada disikunya terus membesar dan pecah, juga mengeluarkan aroma tidak sedap. Sehingga ia memutuskan untuk berobat ke rumah sakit.

Di rumah sakit, Ny.X didiagnosa Karsinoma Sel Skuamosa dan disarankan tindakan operasi oleh dokter bedah, serta pemeriksaan patologi anatomi jaringan kanker.

Kanker kulit ini dapat juga dibedakan menjadi tiga, diantaranya: Karsinoma Sel Basal, Karsinoma Sel Skuamosa dan Melanoma. Sedangkan dua lainnya masih tergolong jinak, jika cepat dilakukan tindakan medis.

Yang paling ganas dari tiga jenis kanker tersebut adalah melanoma, yang bisa menyebar ke paru-paru dan organ lainnya.(AW)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan