Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Medianers ~ Perkembangan bayi pada usia empat bulan akan semakin cepat. Seiring dengan peningkatan indera, kemungkinan bayi akan melalui tahap awal perkembangan bicara dan bahkan akan memiliki tanda-tanda awal gigi pertama tumbuh.

Diusia 4 bulan, bayi akan terpesona oleh apa pun dengan tekstur apa saja, baik berkerut, berkilau, kental atau berbulu. Sebagian besar benda yang mereka sentuh, apapun teksturnya, akan langsung masuk ke mulutnya. Kadang-kadang bayi akan memukul diri mereka sendiri dengan mainan dan menangis.

Apa yang Bisa Dilihat Bayi pada Usia 4 Bulan?

Meskipun bayi sudah bisa melihat warna sejak lahir, namun bayi berusia 4 bulan akan jauh lebih baik dalam membedakan warna, mampu lebih akurat membedakan antara warna yang sama. Ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan mainan dan buku yang lebih berwarna-warni yang disukai bayi.

Perkembangan Motorik Bayi Pada Usia 4 Bulan

Jika Anda mengamati dengan cermat celoteh bayi, mungkin Anda bisa mendengar suara vokal dan konsonan: 'p' dan 'b' berbunyi ketika mereka tidak bahagia.

Dan, suara-suara seperti 'j' dan 'k' akan terdengar ketika bayi merasa bahagia. Bayi mungkin juga dapat meniru suara yang Anda buat sekarang, jadi jika Anda mengatakan 'boo', mereka mungkin mencoba untuk mengatakannya kembali.

Baca juga : Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Bayi bisa berguling mungkin bisa saja terjadi di usia 4 bulan. Usia saat pertama kali bayi berguling bervariasi, beberapa referensi menyatakan pada usia tiga bulan. Dan, beberapa lagi tidak sampai enam atau tujuh bulan.

Baca juga : Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Jadi, bisa saja perkembangan motorik bayi terkait bisa berguling bisa saja terjadi di bulan ke-4. Atau mungkin tidak. Anda tidak dapat memaksanya tetapi Anda dapat dengan lembut mendorongnya dengan menempatkan mainan favorit di sisi mereka dan melihat apakah mereka berguling untuk mendapatkannya.

Baca juga : Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa ketika berbaring di depan mereka, mereka dapat melengkungkan punggung mereka. Ini adalah latihan yang baik dapat membantu mereka mengembangkan otot leher lebih jauh dan merupakan cara yang baik bagi mereka untuk mulai mengembangkan otot-otot yang mereka perlukan untuk duduk dan akhirnya merangkak, berdiri dan berjalan. (Sumber :bounty.com/ Editor : Anton Wijaya/ Ilustrasi : pixabay.com )

Baca juga : Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan