Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mata Perih dan Gatal, Ini Saran dr.Rina Herlina, Sp.M

Medianers ~ Seorang pasien berusia 64 tahun mengeluhkan, " saya mengalami gangguan pada kedua belah mata. Kiri dan kanan. Terutama, di sebelah kanan. Merasa perih, dan gatal-gatal sejak kurang lebih 4 tahun yang lalu," katanya.

Ia menambahkan, " terasa perih apa bila kena angin saat naik motor, atau kena debu dan asap. Terkadang saya tidak tahan rasa gatalnya, seakan ingin digaruk-garuk. Seperti ada yang mengganjal dimata," tambahnya.

Menanggapi keluhan pasien tersebut, Medianers meminta tanggapan pada dr. Rina Herlina, Sp.M selaku dokter spesialis mata, di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh, Sumatera Barat, Jumat (17/1).
mata-perih-berair-gatal-gatal
Setelah melihat foto dan menyimak beberapa keluhan, dr. Rina Herlina, Sp.M berkesimpulan, " terlihat mata kanan pasien mengalami Pterygium Grade 1. Yang ditandai dengan tumbuhnya selaput pada bagian putih bola mata, " katanya.

"Penderita Pterygium lebih sensitif terhadap paparan alergen dari luar. Seperti, sinar ultraviolet, angin, debu, dan asap. Upayakan mata terhindar dari paparan alergen tersebut. Jika beraktifitas di luar rumah, sebaiknya menggunakan kacamata pelindung," imbunya.

"Apa bila terasa gatal, dan perih, hindari mengucek mata. Sebab akan menimbulkan iritasi dan mata merah. Sebaiknya kompres dan tempelkan kain yang sudah dibasahi air dingin pada kelopak mata," sarannya.

Jika sakit masih berlanjut, dr. Rina Herlina, Sp.M menyarankan untuk memeriksakan ke dokter mata. "Pterygium Grade 1 bisa diobati dengan pemberian tetes mata, dengan pemakaian tidak melebihi dari 1 bulan," ungkapnya.

"Seandainya tidak ada kemajuan, dan keluhan masih berlanjut, tindakan terakhir adalah dilakukan operasi pengangkatan selaput yang menempel di bagian putih bola mata," tutupnya. (Anton Wijaya)