Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Wajib Memakai Masker

Medianers ~ Dewasa ini memakai masker sesuatu hal wajib dilaksanakan. Tujuannya agar terhindar dari penyakit menular pernafasan, juga bertujuan mencegah agar tidak menularkan penyakit pada orang lain. Jadi, masker berfungsi melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain.

Mengapa wajib memakai masker, juga menjadi sorotan Centers for Disease Control and Prevention, (CDC) Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, USA, "masker Anda mungkin melindungi orang lain, dan masker mereka mungkin akan melindungi Anda," demikian ungkap CDC.

Alasan CDC adalah, "Covid-19 menyebar terutama dari orang ke orang melalui droplet pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi, batuk, bersin atau berbicara. Droplet ini dapat mendarat di mulut atau hidung orang yang berada di dekatnya atau mungkin terhirup ke dalam paru-paru."

Untuk itu, seseorang wajib menggunakan masker. Meskipun masker kain. Masker kain dapat memperlambat atau membantu mencegah penularan. Sebab, menjaga jarak lebih dari 1 meter sangat sukar diterapkan. Dan, orang disekitar saat ini belum tentu terbebas dari penyakit menular seperti Covid-19.

Kapan  Harus Memakai Masker

CDC merekomendasikan bahwa setiap orang di atas usia 2 tahun dianjurkan memakai masker ketika keluar rumah, atau berada di tempat-tempat umum dimana sulit untuk tetap berjarak lebih dari 1 meter dari orang lain. Maka, sebaiknya gunakan masker.

Disarankan selalu pakai masker jika Anda mengalami sakit pernafasan, batuk, pilek, flu dan bersin, ketika berada di sekitar orang banyak, bahkan di rumah juga dianjurkan menggunakan masker, ketika Anda mengalami keluhan dengan sistim pernafasan.

Siapa Saja yang tidak Wajib Memakai Masker 

Dihimpun dari WebMd, orang yang tidak diwajibkan memakai masker adalah, anak-anak di bawah 2 tahun. Serta orang yang kesulitan bernapas, dan seseorang yang tidak sadar. Kemudian orang yang tidak bisa bergerak atau melepas masker tanpa bantuan orang lain.

Tujuan penggunaan masker adalah untuk melindungi diri sendiri dan orang lain, jika pada kelompok usia di bawah 2 tahun, atau seperti kriteria di atas, penggunaan masker juga bisa membahayakan kesehatan mereka. Maka dari itu dianjurkan untuk menjaga jarak dengan orang lain. Dan membatasi diri dari kerumunan atau keramaian.

Selanjutnya, prinsip menggunakan masker adalah masker harus pas dengan wajah Anda, dan tetap terasa nyaman saat digunakan. Anda harus dapat bernafas dengan mudah. Jangan mengenakan masker jika sulit bagi Anda untuk bernapas. Tapi, ganti dengan masker yang pas. (Anton Wijaya/ Berbagai sumber)
Baca juga: Cara Membersihkan Masker Bedah dan N95