Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Personal Branding dengan Membuat Blog di Rumahweb

Medianers - Awal tahun 2018, Saya pernah dihubungi oleh salah seorang Perawat senior. Saat ini, dia tidak lagi berkecimpung di pelayanan rumah sakit. Tapi, telah mengembangkan diri sebagai dosen pascasarjana hukum kesehatan di salah satu Universitas swasta di Kota Padang , serta menjadi tim surveyor badan akreditasi rumah sakit, sekaligus sebagai anggota tim visitasi dan rekredensial rumah sakit di Sumatera Barat. Dia, juga sering diundang sebagai narasumber terkait materi hukum kesehatan rumah sakit.

Singkat cerita, orang yang pernah menghubungi Saya itu, namanya Adzanri. Ia ingin menuangkan ide, pikiran dan ilmu pengetahuan yang ia kuasai, untuk dituangkan dalam bentuk tulisan di media daring. Tujuannya adalah untuk membangun personal branding. Agar ia bisa dikenal dan tampil beda dibanding yang lainnya. Kala itu, Saya sarankan agar Dia membangun sebuah website atau blog personal, agar ia bebas menuangkan aktifitasnya kapan saja dan dimana saja.

Berhubung, Adzanri masih belum familiar menggunakan blog secara mandiri. Maka ia meminta Saya untuk membantu bagaimana cara membuat blog. Kami komunikasi hanya lewat aplikasi pesan singkat. Saat membimbing dia, Saya tidak pernah bertemu tatap muka. Murni lewat daring. Tapi, dasar orangnya penuh semangat dan haus akan sesuatu yang baru, maka pria kelahiran 23 Juli 1966 itu, sangat cepat memahami apa yang Saya terangkan tentang bagaimana cara membangun dan menulis di blog personal.

Registrasi Domain Personal di Rumah Web

Tepatnya, tanggal 1 Februari 2018, Saya registrasikan domain Adzanri di Rumahweb, dengan alamat www.adzanri.com. Masa itu, Saya sengaja pesan domain saja, dengan menggunakan hosting gratis dari blogspot. Sebab, kalau hanya untuk keperluan memuat tulisan pribadi, Saya rasa tidak perlu menggunakan hosting berbayar, yang tujuannya untuk lebih hemat biaya. Dan, tidak rumit mengurusnya, tidak perlu mahir teknologi website. Pokoknya sangat gampang buat pemula. 

Dan, alasan Saya memilih jasa layanan Rumahweb adalah karena Saya telah berlangganan beberapa domain serta hosting berbayar sudah cukup lama di Rumahweb. Layanan di Rumahweb, dibawah kendali founder Yusuf Nurrachman ini,  servernya terbilang tangguh, layanan customer service bagus, respon sangat cepat manakala terkendala saat registrasi. Atau ada masalah setelah itu. Paling utama sekali domain murah harganya di Rumahweb. Pembaca bisa cek langsung di websitenya.

Saat, tulisan ini diterbitkan,  www.adzanri.com telah 5 tahun teregistrasi di Rumah web. Ratusan tulisan telah dipublikasikan oleh adzanri di blognya tersebut. Dia mengaku sangat terbantu sejak memiliki blog tersebut. Ia sangat mudah mengenalkan dirinya kepada orang lain, melalui tulisannya yang ada di blog dimaksud. Selain itu, ia juga bebas menuliskan segala kegiatan positifnya selama menjadi surveyor rumah sakit. Serta mempublikasikan aktifitasnya saat menjadi narasumber.

"Jelas Saya sangat terbantu dengan adanya blog adzanri.com. Saya sering dapat job sebagai pemateri tentang hukum kesehatan dan akreditasi rumah sakit, karena pengaruh tulisan Saya di blog. Saya mudah dihubungi, karena  pembaca tau tentang profil Saya yang ada halaman 'about', " kata Adzanri saat dimintai keterangannya via telepon, Minggu (18/2/2023). Adzanri yang saat ini menjabat sebagai ketua tim multimedia RSUP Dr M Djamil Padang menambahkan, "tolong bantu Saya, bagaimana cara memonitasi blog agar iklan adsense bisa tampil," tambahnya.

Sekedar diketahui, bahwa mengelola blog tidak saja bisa meningkatkan personal branding. Tapi, juga bisa sebagai lahan untuk menambah sumber penghasilan melalui kerjasama penayangan iklan adsense, atau endorcement. Hal itu, disadari betul oleh Adzanri. Setelah 5 tahun mengelola blog pribadi, potensi penghasilan dari kerjasama iklan belum ia garap secara maksimal. Saya menjanjikan, akan membantunya untuk mendapatkan itu.

Sebagai penutup, siapa pun bisa memberi tau hal positif tentang siapa dirinya di internet. Apa keahlian yang dimiliki, dan membagikan pengalaman secara elegan melalui blog. Sekaligus sebagai lahan menambah penghasilan. Membuat blog saat ini, sangat mudah dan murah, tentunya melalui bantuan pihak berkompeten. Tidak perlu tau banyak hal tentang seluk-beluk dunia web. Cukup hubungi Rumahweb, Anda akan dibantu untuk mewujudkan impian punya media di internet, yang bisa dikunjungi banyak pembaca. (Anton Wijaya)

Tulisan ini, diikutsertakan dalam lomba blog, yang digagas oleh Rumahweb dengan sub tema: "Personal Branding #NaikLevel dengan Domain Rumahweb."