Kanker paru paru

Apa itu kanker paru-paru?

Kanker paru-paru, seperti semua kanker, hasil dari suatu kelainan pada unit dasar sel.
Biasanya, tubuh memelihara suatu sistem checks and balances pada pertumbuhan sel, sehingga sel-sel membelah untuk menghasilkan sel-sel baru hanya jika sel-sel baru yang diperlukan. Gangguan sistem checks and balances pada hasil pertumbuhan sel dalam divisi yang tidak terkendali dan proliferasi sel-sel yang akhirnya membentuk massa yang dikenal sebagai tumor.

Tumor bisa jinak atau ganas, ketika kita berbicara tentang "kanker", kita mengacu pada tumor yang ganas. Tumor jinak biasanya dapat diangkat dan tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Sedangkan tumor ganas, tumbuh secara agresif dan menyerang jaringan lain dari tubuh, yang memungkinkan masuknya sel-sel tumor ke dalam sistem aliran darah atau limfatik dan kemudian ke situs lain dalam tubuh. Proses penyebaran ini disebut metastasis; area pertumbuhan tumor pada situs-situs yang jauh ini disebut metastasis. Karena kanker paru-paru cenderung untuk menyebar atau bermetastasis sangat awal, itu adalah suatu kanker yang sangat mengancam nyawa dan salah satu kanker yang paling sulit untuk mengobati. Sementara kanker paru-paru dapat menyebar ke organ dalam tubuh, organ-organ tertentu - terutama kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang.

Paru-paru juga merupakan organ yang sangat umum untuk metastasis dari tumor di bagian lain dari tubuh. Metastasis tumor terdiri dari jenis yang sama sel sebagai tumor (primer) asli. Sebagai contoh, jika kanker prostat menyebar melalui aliran darah ke paru-paru, itu adalah kanker prostat metastasis di paru-paru dan tidak kanker paru-paru.

Anatomi fisiologi paru-paru

Fungsi utama dari paru-paru untuk pertukaran gas antara udara yang kita hirup dan darah. Melalui paru-paru, karbon dioksida akan dihapus dari aliran darah dan oksigen dari udara inspirasi memasuki aliran darah. Paru-paru kanan memiliki tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri dibagi menjadi dua lobus dan struktur kecil yang disebut Lingula yang setara dengan lobus tengah di sebelah kanan. Saluran udara utama memasuki paru-paru adalah bronkus, yang timbul dari trakea. Cabang bronkus ke saluran udara semakin kecil disebut bronkiolus yang berakhir pada kantung-kantung kecil yang dikenal sebagai alveoli dimana pertukaran gas terjadi. Paru-paru dan dinding dada ditutupi dengan lapisan tipis dari jaringan yang disebut pleura.

Gambaran umum kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyebab paling umum kematian akibat kanker baik pada pria maupun wanita di seluruh dunia. The American Cancer Society memperkirakan bahwa 222.520 kasus baru kanker paru-paru di Amerika Serikat akan didiagnosis. Menurut US National Cancer Institute, sekitar satu dari setiap 14 laki-laki dan perempuan di Amerika Serikat akan didiagnosis dengan kanker paru-paru.

Kanker paru-paru umumnya merupakan penyakit orang tua, hampir 70% orang yang didiagnosis dengan kanker paru-paru lebih dari 65 tahun, sementara kurang dari 3% dari kanker paru-paru terjadi pada orang di bawah 45 tahun.

Potongan dari paru-paru manusia. (Warna putih menandakan bagian yang terkena kanker), sedangkan bagian berwarna hitam menunjukkan paru-paru ini adalah milik seorang perokok
sumber gambar : wikipedia


Kanker paru-paru tidak populer sebelum tahun 1930 namun meningkat secara dramatis setelah dekade berikutnya. Di banyak negara berkembang, insiden kanker paru-paru mulai turun mengikuti pendidikan publik tentang bahaya merokok dan pengenalan yang efektif tentang program berhenti merokok. Namun demikian, kanker paru-paru tetap antara jenis yang paling umum dari kanker pada pria dan wanita di seluruh dunia. Di AS, kanker paru-paru telah melampaui kanker payudara sebagai penyebab paling umum kematian terkait kanker pada wanita.

Baca juga:
Kanker paru, jangan ambil ayahku
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan