Perawat dan Bidan membentuk Komite Keperawatan, Dirut apresiasi positif

Hingar bingar suasana Rumah Sakit tidak lagi terasa ketika sekitar 160 orang Perawat dan Bidan yang dibaluti warna putih memadati gedung pertemuan Wisma Flamboyan selasa, 7/2 di Jl Ade Irma Suryani Nasution, Labuh Baru, Kota Payakumbuh dalam rangka Silaturahmi Keperawatan dan Pembubaran serta Pembentukan Komite Keperawatan priode 2012-2016.

Pertemuan/silaturahmi Komite Keperawatan. Foto By: Zul

Pagi menjelang siang, sekitar pukul 10.00 wib para tamu berdatangan, ambil absen dan menduduki kursi yang kosong. Beberapa kursi masih ada yang belum terisi, tepat pukul 10.15 Wib seluruh Perawat dan Bidan RSUD dr Adnaan WD hadir dengan lengkap, kecuali yang sedang cuti dan dinas. Pada acara silaturahmi Keperawatan tersebut, Perawat dan Bidan merupakan tamu istimewa yang akan memberikan hak suara untuk memilih Pengurus Komite Keperawatan 4 tahun kedepannya.

Berselang beberapa menit, Direktur Utama RSUD dr Adnaan WD memasuki halaman parkir dengan mobil dinasnya, panitia pelaksana bersiap-siap menyambut dan seluruh tamu yang hadir tidak lagi ngobrol dan mondar-mandir, serta pembawa acarapun mempersilahkan seluruh yang ada diluar ruangan untuk masuk, karena acara secara resmi akan dibuka oleh dr.Herijon,M.Kes selaku Direktur Utama RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh.

Acarapun dibuka dengan khidmat, seluruh tamu yang hadir benar-benar terpukau ketika mendengar lantunan irama Al-quran yang dibaca oleh Jafri Perawat Bangsal Dahlia, seakan yang ada dalam seluruh gedung larut di alam surga oleh lafas ayat-ayat suci yang ia dendangkan. Maklum, kata teman sebelah Jafri pernah juara MTQ.

Pembukaan diakhiri oleh pengajian dan acara lanjut pada laporan Panitia tentang pelaksanaan kegiatan, Ns.Bismar,S.Kep selaku ketua pelaksana mengungkapkan, meskipun UU tentang Rumah Sakit tahun 2009 hanya membunyikan salah satu syarat berdirinya Rumah Sakit adanya unsur Keperawatan, komite keperawatan tidak dibunyikan sebagaimana yang terkandung dalam Permendagri No 1 tahun 2002 bahwa selain Komite Medik di Rumah Sakit harus ada Komite Keperawatan. Atas dasar itu, kami sebagai panitia pelaksana mengacu pada Permendagri tersebut, karena Komite Keperawatan dirasakan sangat penting keberadaanya sebagai wadah bagi Perawat dan Bidan yang ada di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh.

Di sesi berikutnya, Ns.Rita Darmita, S.Kep yang masa jabatanya sebagai Ketua Komite Keperawatan segera berakhir menegaskan, bahwa baik buruknya citra pelayanan suatu Rumah Sakit bergantung pada Perawat dan Bidan. Jika Perawat dan Bidan Kasar, kurang etika dan lain-lain, maka Rumah Sakit tersebut akan mendapat anugrah sebagai Rumah Sakit Daerah tidak peduli dan kasar. Komite Keperawatan sebagai wadah, sangat berkontribusi membina anggotanya yang berprilaku buruk demikian, sebab saat perekrutan tenaga keperawatan, Komite Keperawatan dilibatkan dalam membina secara langsung dilahan praktek.

Kepala Bidang Keperawatan yang digawangi oleh Ns.Lasmiraini,S.Kep menambahkan, saya selaku pihak manajemen Rumah Sakit merasa sangat terbantu dengan adanya Komite Keperawatan, sebab dalam menelorkan mutu pelayanan Keperawatan, tak terlepas dari kontribusi Komite Keperawatan, seperti penyusunan prosedur tetap tindakan Keperawatan, serta pengawasan etika dan profesi.

Masih dalam kata sambutan, dr.Herijon,M.Kes mengapresiasi positif pembentukan Komite Keperawatan dan beliau berharap siapapun pengurus yang terpilih nanti, hendaknya mampu berinovasi demi kelancaran dan kemajuan pelayanan RSUD dr Adnaan WD.

Dirut yang terkesan low profile itu menambahkan, staf Keperawatan harus kompak, jangan sampai pula saya mendengar ada yang pro pada blok barat dan pro blok timur atau non blok, sambil berkelakar. Sebab, kalau tidak kompak nanti sistim pelayanan terganggu. Dua tahun kedepan ini, saya akan melakukan perubahan, baik fisik/bangunan maupun tenaga. Bagi tenaga/ staf yang tidak profesional, saya tidak segan-segan untuk menggeser dan staf yang memiliki kinerja bagus dan memiliki loyalitas akan saya rekomendasikan untuk promosi ke jabatan yang layak.Untuk itu, Komite Keperawatan diharapkan bisa bekerjasama dengan pihak Manajemen RSUD dr Adnaan WD demi kebaikan kita bersama yang akhirnya berimplikasi pada pelayanan RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh terbaik dimata masyarakat.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan