Kenalan Baru, pada Kuliah Perdana


Ketika masuk kelas, 49 pasang mata mengarah padaku. Maklum, aku mahasiswa baru, telat masuk, alias susulan. Mereka yang ada dalam kelas, telah melewati masa ‘sulit’ selama 3 hari, yakni menjalani program PPS (Pengenalan Program Studi). 

Selama PPS berlangsung, mereka sudah membaur dan wajib kenal satu sama lainnya. Kecuali aku, tidak ikut dan bisa mengenal mereka, begitu sebaliknya.

Di depan, kulihat tidak ada kursi yang tersisa, penuh ditempati. Sambil jalan, aku hadiahi beberapa orang dengan senyuman manis, aku terus berjalan kebelakang, melihat kursi kosong untuk diduduki.

Rasa grogi masih ada, cemas juga belum hilang. Aku merasa asing dengan suasana baru ini. Di deretan paling belakang, kulihat ada bangku kosong. Aku sapa seorang laki-laki yang duduk disebelah kursi kosong itu. “ Apakah boleh duduk disini?” Pria itu menjawab, “ Silahkan.” Aku ucapkan, “ Terima kasih” sembari menyedorkan tangan.

“Perkenalkan, namaku  Anton, mahasiswa susulan.”  Ia menjabat tanganku, serta membalas, “ Panggil saja saya Dodi.”

Alhamdulillah, dapat kenalan baru. Sambil merapikan posisi duduk, aku lanjutkan pembicaraan dengan Dodi, “ Aku cemas, tadi diancam oleh beberapa orang senior cewek di dekat gerbang Kampus. Ancamannya akan mendatangiku ke kelas ini.” Aku keluhkan tentang kejadian tadi (Dihadang Singa Betina Kampus) kepada Dodi. Mana tau kenalan baru ini punya solusi untuk menghilangkan kecemasan yang kurasakan.

Dodi senyum mendengar keluhanku. “ Yah, saya sudah tau,” katanya. Dia menambahkan, “ sebelum saya masuk lokal, saya melihatmu dipermak. Itu belum seberapa, kami selama PPS marasai dikerjai habis-habisan.” Aku terdiam mendengar pernyataan Dodi. Dalam hati, “ Wah gawat.” 

Mahasiswa/ mahasiswi lainnya belum kusapa, kulihat ada yang curi pandang, begitu juga aku, penasaran siapa nama beliau, dan dari mana saja asal mereka masing-masing. Banyak hal lain yang ingin kuketahui, tapi aku menyadari dalam waktu singkat sulit mengenal profil lengkap mereka. Namun, berjalannya waktu 49 orang asing yang ada dalam ruangan ini akan kukenali semua. Insyaallah.(*3)


Salam,
Anton wijaya.
20 Maret 2013, Payakumbuh- Sumatera Barat.
Postingan berlanjut dengan kategori " Catatan Perawat"