Bisakah Hidup Normal Tanpa Kantung Empedu?

Beberapa waktu yang lalu saya pernah bertanya pada dokter Anbiar Manjas, beliau ahli bedah pencernaan, yang saya tanyakan tentang " Tanpa kantung empedu bisakah hidup normal ?" Ia hanya menjawab dengan berseloroh.

Seminggu kemudian, saya bertanya lagi, akhirnya dalam suasana santai ia menjelaskan, bahwa " tanpa kantung empedu manusia bisa hidup dengan normal, sebab setelah satu tahun pasca operasi tubuh akan beradaptasi dengan kondisi tanpa kantung empedu." 

Dokter Anbiar Manjas, menambahkan " dalam keadaan normal cairan empedu dalam tubuh berproduksi 750-1000 ml, dan yang tersimpan dalam kantung empedu hanya 40 ml. Sisanya terbuang. Jadi, 40 ml yang tersimpan dalam kantung empedu berfungsi menetralisir lemak dalam sistim pencernaan. "

Masih dalam penjelasan dokter Anbiar Manjas, bahwa " bila kantung empedu mengalami peradangan atau ada batu, sebaiknya kantung empedu pasien dibuang, sebab di saat kantung empedu akan mengeluarkan cairan empedu, rasa nyerinya sangat luar biasa. Maka solusi yang baik saat ini penanganannya adalah kantung empedu di buang."

Ia juga memaparkan, " Tahun 60 an, penyakit akut yang bersumber dari kantung empedu dan usus buntu (baca: Laparoskopi Appendiksitis) dibuang sebelum meradang pada pilot pesawat tempur amerika, sebab seandainya meradang saat bertugas akan berbahaya bagi keselamatannya. Namun, saat ini sudah tidak dilakukan lagi tindakan demikian, tapi dilakukan medical check-up berkala.

Kesimpulan, Apakah bisa hidup normal tanpa kantung empedu?  Maka jawabannya bisa, seperti uraian jawaban dari dr.Anbiar Manjas, Sp.B. KBD di atas. 
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan