Di Acara Seminar, Terungkap Jenjang Karir Perawat Di Puskesmas Belum Jelas

tema-seminar-kredensial-jenjang-karir-perawat-uu-keperawatan
Ketua PPNI Kota Bukittinggi membuka secara resmi Seminar Nasional Keperawatan dengan tema " Kredensial, Jenjang Karir Perawat, dan Undang-Undang Keperawatan" di Gedung Tri Arga Bukittinggi, Sabtu 2/5/2015.


Seminar yang di mulai  pukul 08.00 wib tersebut juga dihadiri oleh, Halma Zaldi, Wakil Walikota Bukittinggi. Beliau mengapresiasi kegiatan tersebut dilaksanakan di Kota Bukittinggi. Dengan mengetuk tiga kali mikropon pertanda kegiatan ilmiah resmi di buka.

Pembicara pada materi Kredensial, rencananya di sampaikan oleh Prayetni dari Kepala Sub Direktorat Rumah Sakit khusus Bina Pelayanan Keperawatan dan Keteknisan Medis Kemenkes RI. Kebetulan beliau tidak bisa hadir, ada penugasan mendadak, sehingga ia di gantikan oleh Sugiasih, staf ahli bidang komite keperawatan di Kemenkes.

Dalam penyampaian materi, penulis mengamati Ibu Sugiasih sangat menguasai materi tentang Kredensial dan jenjang karir Perawat, sehingga peserta yang hadir kurang lebih 300 orang kelihatan serius mendengarkan. Pada sesi tanya jawab, peserta seminar berebut tunjuk tangan untuk mengetahui lebih detil tentang materi Kredensial dan jenjang karir Perawat di Rumah Sakit.

Salah seorang peserta, Perawat yang bekerja di Puskesmas bertanya, " Apakah Jenjang Karir Perawat, seperti Perawat Klinik (PK 1, PK 2, PK 3, dan PK 4) bisa juga diterapkan di Puskesmas? Serta Komite Keperawatan dan sub Kredensial perlu juga dibentuk di Puskesmas?" Pertanyaan itu muncul karena sepanjang penyampaian materi oleh ibu Sugiasih tentang pembentukan sub komite Kredensial di Puskesmas tidak pernah di singgung, termasuk jenjang karir Perawat di Puskesmas.

Mengejutkan, ternyata jawaban dari Narasumber, Jenjang Karir Perawat di Puskesmas tidak termasuk dalam Permenkes No. 49 Tahun 2013 , sebagaimana di Rumah Sakit, bahwa Perawat wajib memiliki Komite keperawatan dan sub komite Kredensial yang  mengatur kewenangan klinik dan jenjang karir Perawat.