Tahukah Anda Kapan Sekolah Perawat Pertama Kali Berdiri Di Indonesia?

Kriteria-perawat-profesional
Ilustrasi : Silaturahmi Perawat/ Dok: Medianers
Sebelum Belanda menjajah Indonesia, pribumi tidak mengenal apa itu Perawat , apalagi mengenyam pendidikan di sekolah Perawat, seperti sekarang ini.

Masa itu, yang di ketahui hanya, bagaimana cara merawat orang sakit dengan segala keterbatasan. 'Orang pintar' merawat dan mengobati mengandalkan naluri, yang dikenal dengan " mother insting" ( naluri keibuan).

Setelah Belanda menguasai nusantara, sekitar tahun 1819, di Jakarta didirikan beberapa rumah sakit, salah satu diantaranya adalah Rumah Sakit Stadverband , sekarang bernama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). 

Selain RSCM, berdiri beberapa rumah sakit swasta, seperti Rumah sakit PGI Cikini, Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Rumah Sakit St. Boromeus Bandung dan Rumah Sakit Elisabeth Semarang. Karena adanya Rumah Sakit tersebut, maka didirikan pula sekolah perawat

Tahun 1906, Rumah Sakit PGI Cikini menyelenggarakan pendidikan juru rawat, kemudian tahun 1912, RSCM ikut menyelenggarakan pendidikan juru rawat. 

Jadi, pertama kali sekolah perawat berdiri di Indonesia, bukan di sumatera, bukan di Surabaya, bukan juga di Sulawesi. Tapi sekolah Perawat pertama kali berdiri di Jakarta, di Rumah Sakit PGI Cikini.

Tahun 1906 sekolah Perawat baru sebatas pendidikan okupasional. Tahun tersebut merupakan pondasi bersejarah lahirnya cikal bakal. Seperti sekarang ini, menjamurnya pendidikan Akademi Perawat, dan Fakultas Ilmu Keperawatan.

Dari Juru Rawat menjelma menjadi Sekolah Perawat Kesehatan, Akademi Keperawatan dan Pendidikan Tinggi Keperawatan lainnya, tersebar di berbagai propinsi di Indonesia, hingga melahirkan berbagai kriteria perawat profesional. Dan, Perawat juga memiliki keahlian sesuai peminatan dan bidangnya.

Bahkan program pendidikan tinggi Perawat di Indonesia mencapai strata 3, doktoral , yang di selenggarakan di Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia.

Sekian, ulasan Medianers tentang sejarah pertama kali Sekolah Perawat berdiri di Indonesia. Semoga bermanfaat.


Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan