Rekaman Kecanggihan Bedah Robotik Pengangkatan Rahim ( Histerektomi)

Medianers ~ Rekaman pembedahan menggunakan robot untuk pangangkatan rahim (histerektomi) berdurasi 109:34 menit yang dilakukan oleh Dr. Jerry Rozeboom dan tim di St. Luke's Hospital in Cedar Rapids, Iowa, AS, sungguh memperlihatkan kecanggihan nan menakjubkan.
Bedah-robotik
Rekaman yang diunggah di youtube tersebut mendemonstrasikan langsung cara kerja robot yang dikendalikan oleh Dr. Jerry Rozeboom dibantu oleh 2 orang assisten. Video berjudul Live robotic hysterectomy surgery tersebut menampilkan secara detail cara kerja bedah robotik. Dimulai dengan cara bagaimana seorang operator mengendalikan instrumen (tangan robot) yang mampu memotong ligamen rotundum hingga memotong leher rahim serta bagaimana cara menghentikan perdarahan dan menjahit seraya mempertemukan kembali jaringan yang telah terpotong.

Robotic hysterectomy surgery yaitu tindakan bedah canggih yang menggunakan teknologi tinggi untuk memotong uterus (rahim) dengan menggunakan robot, operator mengendalikan robot lewat monitor, seperti main game.
Operasi-histerektomi
Operator mengendalikan robot seperti
main game saat pembedahan histerektomi
Keuntungan dari tindakan bedah Robotik ini adalah sangat kecil mencederai pasien ( minimal invasif), yang biasanya tindakan histerektomi dilakukan dengan cara bedah konvensional, yaitu menyayat serta membuka lebar perut bagian bawah pasien hingga mengangga dengan benda tajam. Tindakan bedah demikian tentunya memiliki resiko penyembuhan lama, serta beresiko tinggi terjadinya infeksi, trauma, perdarahan, karena membuka akses yang lebar.

Bukan berarti pembedahan robotik tidak memiliki resiko, namun meminimalisasi resiko sekecil mungkin, karena sayatan pada perut sangat kecil, dan isi perut di intip lewat kamera serta hanya organ bermasalah saja yang dituju, karena dengan bantuan kamera, operator sangat terbantu bekerja efektif dan efisien.

Bedah Robotik merupakan lanjutan dari teknologi tindakan bedah laparaskopi, yang membedakan, jika laparaskopi instrumen operasi masih dikendalikan tangan manusia sedangkan pada tindakan pada pembedahan robotic surgery alat atau instrumen dikendalikan tangan robot,  dan "otak" atau pengambil keputusannya manusia. Tangan robot dikendalikan jauh dari pasien oleh operator melalui komputer "gagang" yang terpantau di monitor.

Tindakan bedah robotik ini terbilang tindakan canggih dan berbiaya mahal, konon kabar biaya dari tindakan bedah Robotik di Indonesia mencapai 90-120 juta. Bedah Robotik sudah ada Indonesia sejak 2012 di Rumah Sakit Bunda, Jakarta. 
Pembedahan-robotik
Hasil akhir bedah Robotik histerektomi
Tindakan bedah Robotik ini tidak saja berfungsi dan berguna untuk histerektomi saja, akan tetapi bisa juga untuk operasi lainnya, seperti kista ovarium, kanker usus, dan kanker prostat, tergantung ketersediaan tenaga ahli sesuai spesifikasi Rumah Sakit yang dituju.

Tindakan bedah canggih robotik ini, masih terpusat di negara maju dan di ibu kota Jakarta, bagi pasien di daerah belum bisa mendapatkan pelayananan demikian. Disamping itu, akan terasa sulit bagi masyarakat untuk menjangkau biayanya yang terlalu mahal, sehingga tindakan bedah konvensional masih jadi pilihan terbaik saat ini di Indonesia. (AW)