BPBD Payakumbuh Gelar Latihan Gabungan Satgas Penanggulangan Bencana

Medianers ~ Hari ini, Senin (2/5) secara resmi Benni Warlis, Sekdako Payakumbuh membuka Latihan Gabungan (Latgab) Satuan Petugas (Satgas) penanggulangan bencana yang berlangsung selama 6 hari, dari tanggal 2-7 Mei 2016 di halaman kantor BPBD Payakumbuh (Bekas Lapangan Poliko).

Saat pembukaan, Sekdako membacakan konsep kata sambutan walikota kota Payakumbuh yang kebetulan tidak bisa hadir karena Walikota Payakumbuh sedang di Padang, menerima Penghargaan Pengelolaan pendidikan terbaik di Sumatera Barat.

Pada prinsipnya, sambutan yang disampaikan Sekdako adalah, Payakumbuh merupakan daerah rawan bencana banjir, angin puting beliung dan kebakaran. Upaya pencegahan dan penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan BPPD saja, tapi butuh dukungan dari lintas sektor. Maka dari itu, Pemko Payakumbuh perlu menyiapkan kerjasama dan koordinasi yang baik antar instansi yang di handle oleh BPPD Payakumbuh.

"Saya berikan apresiasi dan terima kasih pada peserta yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti pelatihan penanggulangan bencana ini, meskipun pelatihan diselenggarakan dibawah tenda di lapangan terbuka."Ungkap Benny Warlis.

Pantauan Medianers, pembukaan acara latihan gabungan bersama ini, juga dihadiri oleh Kepala dinas kesehatan Payakumbuh , direktur pelayanan dan penunjang RSUD dr. Adnaan WD, serta Kapolresta yang mewakili, Danramil, Kasat Pol PP, Damkar, Dinas Sosial dan sejumlah kepala SKPD terkait.

Peserta dari latihan gabungan Satgas penanggulangan bencana yakni terdiri dari : 10 orang anggota TNI dari KODIM , 10 anggota POLRESTA Payakumbuh. 10  orang tenaga kesehatan (5 dari RSUD dr Adnaan WD dan 5 dari dinas kesehatan, 10 Tim Reaksi Cepat ( Satpol PP, Damkar, dan PNS dari berbagai SKPD), serta 10 orang dari masyarakat umum ( kelurahan, dan aktifis lingkungan. Juga 10 orang dari lintas profesi, seperti wartawan dari PWI, anggota Pramuka, dan Sentral Komunikasi ( Senkom).

Narasumber Latgab Satgas ini adalah dari BPPD Sumbar, BPBD Payakumbuh, Kadis Sosial Naker Kota Payakumbuh, Kadis Kesehatan, Kapolresta Payakumbuh, Dandim O306/50 Kota, Kalaksa BPPD Payakumbuh, Tim SAR Padang dan Tim NGO/LSM serta PMI.

Menurut Yufnani Away, selaku Kepala Pelaksana Harian (Kalaksa) BPPD Kota Payakumbuh, tujuan diselenggarakan Latgab Satgas Penanggulangan Bencana ini ada 3, diantaranya:

  1. Terciptanya kordinasi antar instansi
  2. Meningkatkan pengetahuan penanggulangan bencana.
  3. Meningkatkan ketrampilan penanggulangan bencana.
"Kami berharap peserta dapat mengikuti pelatihan sampai akhir. Rencana penutupan akan digelar demonstrasi dan sumulasi dari semua materi pelatihan yang telah diikuti peserta." Ungkap Yufnani Away menutup pidato.

Menjelang penutupan acara, Ketua DPRD Payakumbuh, YB Dt Parmato Alam, berikan apresiasi kepada Pemko Payakumbuh, terutama atas diselenggarakannya kegiatan Latgab Satgas ini oleh BPPD. " Kedepan hendaknya Latgab Satgas ini diselenggarakan secara berkesinambungan dan kita sebagai wakil rakyat siap mendukung dan mengawal." Ungkapnya , sambil disambut tepuk tangan meriah oleh hadirin yang ada.( AntonWijaya)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan