Kemampuan Mengejutkan Pada Anak Usia Dua Tahun

Ilustrasi/ kemampuan anak usia 2 tahun
Medianers ~ Memasuki Usia 2 Tahun, apa saja yang bisa dilakukan bayi atau anak? apakah sudah bisa berjalan, berlari, berbicara atau bermain dengan teman sebayanya? Bila mana anda memperhatikan dengan seksama, maka banyak hal mengejutkan yang bisa dilakukan anak memasuki usia 2 tahun, diantaranya:

Kemampuan anak berjalan (langkah pertama bayi)

Langkah Pertama bayi atau anak salah satu momen penting bagi orang tua. Saat bayi pandai berjalan tanpa bantuan, tentunya melihat hal tersebut paling mendebarkan bagi orang tua. Biasanya kemampuan berjalan pada bayi datang di awal tahun kedua.

Saat memasuki awal tahun kedua itulah anak akan berjalan tanpa bantuan. Ia mulai mengayunkan satu langkah pada satu waktu. Kebanyakan anak-anak mulai berjalan pada usia antara 9 dan 17 bulan. Dan, usia rata-rata sekitar 14 bulan, bayi akan mencoba melangkah dan berjalan terbata-bata, jatuh, berdiri, dan terus mencoba.

Kemampuan mengeksplorasi ini, kadang orang tua benar-benar dikagetkan, anak mulai "lasak" berjalan, naik ke atas kursi, lalu berdiri, bahkan naik meja dan lain-lain.

Anak akan mengeksplorasi kemampuan, seperti memanjat tangga dan memanjat furnitur. Orang tua bersiap-siap untuk jadi cerewet, sebab anak akan berpetualang sesuai imajinasi di dalam maupun di luar rumah. Jadi butuh pengawasan dari orang tua agar aktifitas eksplorasi diri berlangsung aman.

Menendang bola atau bermain sepeda 

Di usia 2 tahun, anak mulai berlari sambil menendang bola, atau mendorong sepeda, bahkan naik ke atasnya. Menendang bola adalah langkah besar, balita perlu gerakan koordinasi, yakni aktifitas sensorik dan motoriknya berfungsi untuk menendang, ditambah kemampuan untuk membuat koneksi bahwa jika dia menendang bola. Maka bola akan menggelinding dan terlempar yang bisa membuat anak tertawa kegirangan.

Menulis dan Makan sendiri

Menulis dan makan sendiri ini terlalu dini untuk diungkapkan, namun anak sudah mulai melihatkan ketertarikannya memasuki usia 2 tahun, anak mulai tertarik lihat kertas dan alat tulis untuk ia corat-coret sesuka hati.

Selama tahun kedua, anak-anak pun mendapatkan lebih banyak kontrol atas otot kecil di tangan dan jari-jari mereka. Ketrampilan motorik ini membantu balita ingin mandiri saat makan dengan sendok. Ia pun mulai menolak untuk disuapi.

Kemampuan Berbicara 

Memasuki usia sekitar 15-18 bulan, anak mengharapkan untuk mendengar beberapa kata-kata nyata. Ia mulai mengerti dengan perintah dan mulai bisa menyampaikan sesuatu. Antara 18 dan 24 bulan, kebanyakan anak-anak mulai menggunakan frase sederhana, seperti "buka pintu ayah" atau "mimik botol bunda."

Pada usia 2 tahun, orang tua bahkan akan mendengar kalimat pendek atau dua, bahkan tiga kata.

Bermain Dengan Teman 

Pada akhir tahun kedua, anak akan melihat kan ketertarikan untuk berteman dengan balita lain, serta menunjukkan minat lebih untuk bersosialisasi dengan anak-anak lain. Namun, anak mungkin tidak cukup siap untuk berbagi mainan mereka ketika mereka bermain, tapi itu langkah besar dalam kehidupan sosial awal mereka.

Masih banyak kemampuan mengejutkan lainnya yang akan anda saksikan pada anak ketika usia 2 tahun, yang mana anda akan tersenyum sendiri melihatnya setiap hari di rumah, seperti meniru orang dewasa sedang nelpon menggunakan handphone misalnya, dan lain-lain.(AW).
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan