Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisakah Mencuci Tangan Tanpa Sabun dan Air Mengalir ?

Medianers ~ Jika Anda pernah mengunjungi bangsal perawatan di rumah sakit, tentunya Anda akan melihat di dinding jelang pintu masuk, terpajang botol berisi cairan kimia yang digunakan untuk cuci tangan. Cairan tersebut berguna untuk mencuci tangan tanpa menggunakan sabun atau air mengalir untuk membilasnya.

Baca juga : Taukah Anda Mengapa Mencuci Tangan Sangat Penting?

Cuci tangan kimia dimaksud, merupakan inovasi pembersih tangan tanpa air yang dikenal dengan pembersih tangan antiseptik atau hand sanitizer. Produk tersebut mengandung antiseptik yang bisa membunuh kuman (bakteri) yang ada di tangan.

Baca juga : Cairan Cuci Tangan Steril Dalam Rangka Pengendalian Infeksi Nasokomial

Biasanya, cuci tangan kimia tersebut, mengandung alkohol dan triklosan, serta jenis produk hand sanitizer ini pun juga semakin beragam, baik komposisinya, maupun bentuk kemasannya. Di rumah sakit yang telah terakreditasi, wajib menyediakan cuci tangan kimia tersebut, di setiap pintu masuk, tujuannya setiap pengunjung yang akan masuk dan keluar ruangan, wajib mencuci tangan menggunakan cairan antiseptik yang telah disediakan tersebut.(AW/Foto: pixabay.com)

Baca juga :Cara Dan Teknik Hand Hygiene Menggunakan Antiseptik Alkohol