Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perawatan Bayi Umur 1 Bulan


Medianers ~ Merawat bayi umur 1 bulan suatu hal yang menyenangkan bagi orang tua. Bayi terlihat lucu dan menyenangkan. Namun, ada pertanyaan tentang bagaimana cara perawatan bayi umur 1 bulan?

Untuk itu, Medianers akan sarikan poin-poin penting tentang perawatan bayi umur 1 bulan berdasarkan informasi dari buku berjudul, " Seri Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah," terbitan Direktorat Kesehatan Keluarga, Dirjen Kesmas, Kemenkes, (2019).

Dalam buku dimaksud menyatakan, "perkembangan bayi umur 1 bulan adalah sudah bisa menatap ke ibu, mengeluarkan suara 'o...o. o,' dan bayi sudah bisa tersenyum, serta menggerakkan tangan dan kaki."

Perawatan Bayi Usia 1 Bulan

Pada umur  1 bulan, bayi wajib diberikan ASI. Sebetulnya ASI harus diberikan kepada bayi segera setelah lahir. Sampai usia 6 bulan, bayi hanya diberi ASI tanpa minuman atau makanan lain termasuk air putih (ASI eksklusif).

Kemudian, agar bayi umur 1 bulan terhindar dari penyakit, disarankan untuk diberikan imunisasi. Pada usia 0 - 7 hari, bayi direkomendasikan mendapat imunisasi Hepatitis-B (HB-0), dan usia 1 bulan imunisasi BCG, dan Polio-1.

Hal itu diterangkan dalam buku 'Seri Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah,' pada halaman 6. Jika Ibu dan Ayah ragu, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter spesialis anak, tentang pemberian imunisasi pada bayi umur 1 bulan.

Selanjutnya, perawatan bayi usia 1 bulan di rumah adalah bayi harus tetap dalam keadaan hangat dan tidak kedinginan, dan bila bayi menangis, maka ibu atau ayah tidak membiarkan bayi menangis terlalu lama. 

Menjauhkan bayi dari asap rokok, asap dapur, asap sampah, asap kendaraan bermotor dan menjaga sirkulasi udara dalam rumah agar tetap bersih, dan bebas dari polusi udara. Serta menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

Sedapat mungkin, menjauhkan bayi dari orang sakit, meskipun itu penyakit batuk dan flu, usahakan bayi tidak dicium. Dan, selalu menjaga kebersihan diri bayi, serta melindungi dari gigitan nyamuk dengan menggunakan kelambu.

Tanda Bahaya pada Bayi Umur 0-1 Bulan

Adapun tanda bahaya bagi bayi umur 0-1 bulan adalah bayi mengalami kesulitan bernafas, gemetar atau kejang-kejang. Demam dan panas tinggi. Menderita diare atau BAB cair lebih dari 3 kali sehari.

Kemudian, tidak mau atau kurang menghisap ASI. Bayi merintih atau menangis terus-menerus. Mata bayi bernanah. Kulit dan mata bayi menguning. Tali pusar kemerahan sampai dinding perut, berbau atau mengeluarkan nanah atau cairan, dan tinja bayi berwarna pucat.

Perawatan bayi umur 1 bulan jika demam yang bisa dilakukan oleh Ibu dan Ayah di rumah adalah mengatasi demam dengan memberikan kompres air hangat kuku. Beri asupan cairan ASI lebih sering, agar bayi tidak kekurangan cairan.

Jika mendapati tanda bahaya seperti di atas, dan demam masih berlanjut, sebaiknya bayi dibawa segera ke dokter anak untuk mendapatkan pengobatan. Atau bawa ke pelayanan kesehatan terdekat. Jangan dibiarkan bayi lama di rumah tanpa penanganan. (Anton Wijaya)

Terkait : Tips Merawat Bayi Usia 1 Bulan