Ini Pesan Terakhir Dokter Herijon, Mantan Dirut RSUD dr Adnaan WD

Mantan-direktur-utama-rsud-dr-adnaan-wd-payakumbuh
Posisi tengah: dr.Herijon, M.Kes
bersama Josrizal Zain, mantan Walikota
  Payakumbuh, dan samping kirinya
Agung Laksono.
Sejak serah terima jabatan ( Sertijab) antara dr.Herijon,M.Kes dengan dr.Hj.Mery Yuliesday, MARS , pekan lalu di Balai Kota Payakumbuh, maka baru siang ini, (2/9/2015) penulis bisa bersua dengan beliau.

Selaku mantan ' bos' di RSUD dr Adnaan WD. Pak Herijon, pantas dan layak penulis hormati ,sapa dan bersalaman jika ketemu dimana saja dengan beliau.

Pertemuan tanpa sengaja, terjadi di salah satu warung sarapan pagi, di Kota Payakumbuh. Melihat beliau sedang santai sambil ngopi, penulis langsung menghentikan laju motor, turun dan mendatangi pak Herijon.

" Apa kabar pak?" Ucap penulis sembari menyodorkan tangan untuk bersalaman. Pak Herijon, membalas salaman, seraya berujar, " Alhamdulillah, saya sehat dan baik nton".

Beliau melanjutkan, " Saya mohon maaf kepada Anton, selama memimpin di RSUD dr Adnaan WD, jika ada sikap dan perbuatan saya kurang tepat, demikian juga pada kawan-kawan di Kamar Operasi, tolong di sampaikan ya! Jika ada tindakan saya yang tidak berkenaan, keras dalam menegakan disiplin dan aturan. Sekali lagi, Tolong disampaikan ya! Juga pada teman-teman ruangan lain" . Tegasnya.

" Iya pak" Jawab saya. "Oh ya, sampaikan juga kepada kawan-kawan di Rumah Sakit, jangan kaitkan antara tugas dan pribadi. Meskipun tugas saya sudah berakhir di RSUD dr Adnaan WD, namun pribadi saya dengan kawan-kawan tidak akan pernah berakhir, silahkan datang ke rumah  untuk menjalin silaturahmi dengan saya". Tandasnya.

Penulis hanya sebentar berbincang dengan pak Herijon, karena ada keperluan lain. Maaf dan pamitan pak Herijon penulis terima dengan ikhlas. Demikian juga penulis, secara pribadi dan mewakili kawan-kawan dari Kamar Operasi, juga minta maaf pada beliau, "jika ada tindak-tanduk kami yang mengecewakan selama bapak memimpin di RSUD dr Adnaan WD, kami mohon pula di maafkan. Tutup penulis, mengakhiri pembicaraan.
Baca Juga : Kapan RSUD dr Adnaan WD berdiri ?
Apa Prestasi Dokter Herijon Selama Memimpin di RSUD dr Adnaan WD ?

Terlepas dari segala kekurangannya, penulis berpendapat, selama kurang lebih 4 tahun dr.herijon memimpin, ia mampu membawa perubahan pembangunan fisik dan fasilitas, diantaranya:

Pembangunan Fasilitas Pelayanan RSUD dr Adnaan WD
  1. Sejak awal tahun 2015, masyarakat kota payakumbuh tidak perlu lagi cuci darah ke Bukittinggi, karena di RSUD dr AdnaanWD sudah ada unit yang menanganinya.
  2. Tindakan canggih bedah laparaskopi sudah bisa dinikmati oleh warga payakumbuh sekitarnya sejak akhir 2014.
  3. Tindakan bedah mata katarak canggih (Phaco) sudah bisa didapatkan oleh warga payakumbuh sekitarnya sejak 2014.
  4. Peremajaan mobil Ambulance, sebanyak 3 unit. Dan, peremajaan alat-alat laboratorium serta ruang perawatan.
  5. Tindakan penunjang Endoskopi juga sudah berjalan sejak akhir 2014.
  6. Penambahan daya listrik dan unit genset otomatis sebesar truk. 
Enam item di atas tidak mudah di wujudkan oleh mantan direktur utama sebelumnya. Terkait arah misi dan tujuan pimpinan, dr.Herijon yang terkenal mudah bergaul dengan siapa saja ini, terbilang visioner dan ambisius dalam melengkapi fasilitas dan sarana pelayanan dan berkeinginan menjadikan RSUD dr Adnaan WD menjadi Rumah Sakit Tipe B. Salah satu indikatornya adalah melengkapi fasilitas layanan.

Pengembangan Pembangunan Fisik RSUD dr Adnaan WD
  1. Pembangunan gedung cempaka ( ruang penyakit dalam) sebanyak 2 tingkat, bangunan tersebut khusus untuk pelayanan perawatan kelas 3.
  2. Pembangunan gedung Instalasi Bedah Sentral, ICU, ICCU, NICU dan CSSD setinggi 4 setengah lantai. ( Pembangunan sedang berjalan)
  3. Pembangunan Gedung Farmasi dan Apotik.
  4. Pembangunan gedung laundry dan Gizi 2 tingkat ( Pembangunan sedang berjalan).
  5. Pembangunan Instalasi Pengolahan Akhir Limbah.
Satu-persatu mulai nyata pembangunan fisik  selama dr. Herijon memimpin. Semua itu, tentunya atas persetujuan Pemko Payakumbuh dan DPRD Kota Payakumbuh, namun tanpa kegigihan pimpinan instansi terkait, tentunya sulit di wujudkan. 

Akhirnya, penulis mengucapkan "Selamat jalan Pak Herijon, Semoga karya dan baktimu selama bertugas di RSUD dr Adnaan WD menjadi ladang amal di akhirat nanti". Dan, "Selamat datang dr.Mery Yuliesday, MARS , kami ( segenap ) karyawan RSUD dr Adnaan WD akan maju bersamamu melanjutkan pembangunan dan pengembangan pelayanan RSUD dr Adnaan WD.( AntonWijaya)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan