Pejabat Pemko Payakumbuh Kunjungi Kamar Operasi RSUD dr Adnaan WD Saksikan Pembedahan Pasien Bibir Sumbing, Katarak dan Hernia

Medianers ~ Pantauan di lapangan, terlihat Ny. Henny Riza Falepi (istri Walikota Riza Falepi) mendatangi pasien penderita bibir sumbing dan katarak yang sedang menjalani pembedahan di Instalasi Bedah Sentral RSUD dr Adnaan WD.

Ny. Henny Riza Falepi didampingi oleh dr.Elista Yosepha, MARS selaku direktur pelayanan medis dan penunjang sedang bercakap-cakap dengan dr. Deni ahli bedah plastik yang didatangkan oleh Pertamina Bina Medika selaku donatur tunggal pelayanan gratis Bakti Sosial Kesehatan (Baksos).Sepertinya, mereka membicarakan terkait tindakan operasi bibir sumbing.
Berselang 15 menit, datang lagi serombongan Pejabat Pemko Payakumbuh, yakni Suwandel Muchtar, Wakil Walikota Payakumbuh bersama istri dan rombongan, serta didampingi langsung oleh dr.Merry Yuliesday, MARS direktur utama RSUD dr Adnaan WD.

Di Kamar Operasi, rombongan yang dipimpin oleh Suwandel Muchtar menyaksikan langsung proses pembedahan bibir sumbing dan operasi katarak. Keluarga pasien yang sedang menunggu di ruang pemulihan juga dijambangi serta disalami.

Sekilas Tentang Operasi Massal, Baksos Pertamina Bina Medika Kerjasama Pemko Payakumbuh

Operasi massal yang diselenggarakan di RSUD dr Adnaan WD merupakan kerjasama antara Pemko Payakumbuh dengan PT.Pertamina dalam rangka bakti sosial kesehatan. Rencana dari penyelenggaran ini, pihak Pertamina Bina Medika mengalokasikan sebanyak 200 pasien.

Kurang lebih 2 bulan dibuka pendaftaran, jumlah peserta tidak mencukupi kuota, dengan rincian penderita bibir sumbing yang terjaring 13 orang, dan penderita katarak 27 orang, sedangkan penderita hernia sebanyak 18 orang. Kegiatan baksos ini telah diinformasikan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, serta diinformasikan juga melalui media cetak dan elektronik. Namun, peserta yang terjaring hanya sebanyak 58 orang.

Artinya, status kesehatan warga di Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota berada pada taraf cukup baik, mungkin karena faktor pilihan penyelenggaraan kesehatan di daerah paling ujung Sumatera Barat ini sangat baik dan status ekonomi masyarakatnya cukup bagus.

Satu hari sebelum hari 'H' peresmian dan pembukaan oleh Wali Kota yang diwakilkan kepada wakil walikota pada hari Kamis (7/4), operasi telah dilaksanakan mengingat jadwal tim bedah yang padat. Pada tanggal (6/7), sebagaimana liputan medianers dengan judul "Pemko Payakumbuh Kerjasama Pertamina Gelar Operasi Katarak, Bibir Sumbing dan Hernia" pasien mengaku puas dan mengucapkan terima kasih pada Pertamina dan Pemko Payakumbuh yang telah menyelenggarakan kegiatan baksos kesehatan ini.

Pada tanggal 6/4/2016 tim bedah sukses melaksanakan operasi bibir sumbing sebanyak 8 orang pasien, dan operasi katarak sebanyak 11 pasien. Kemudian hari ini,(7/4) operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing dilanjutkan, tim bedah sukses menolong sebanyak 3 orang pasien. Dan, operasi katarak sebanyak 10 pasien, serta 3 orang penderita hernia dibedah oleh dr.Syafrudin,Sp.B bersama tim.

Khusus operasi hernia, masih lanjut pada hari esok, sabtu (8/4) hingga seluruh penderita hernia yang terjaring tertolong semuanya total 18 orang.

Dalam pelaksanaan operasi bibir sumbing dan langit sumbing batal 2 orang dilakukan tindakan operasi, terkait komplikasi medis, beresiko (mengancam nyawa) jika operasi tetap dilanjutkan.( AntonWijaya)