Cara mengatur pola makan dan diet sehat setiap hari

Menjaga-diet-berat-badan-sehat
Hindari Junk food dan
konsumsi diet sehat setiap hari
Dok: istockphoto 
Program menurunkan berat badan tidak saja cukup dengan latihan keras atau olah raga maksimal setiap hari, akan tetapi harus dibarengi dengan mengatur diet dan menjaga pola makan seimbang.

Apa saja diet makanan sehat yang cocok untuk menjaga berat badan ideal? 

Usahakan hindari makanan berminyak dan berlemak serta makanan manis yang mengandung gula. Dan, sebaiknya banyak konsumsi sayuran hijau, buah-buahan dan makanan yang mengandung tinggi protein, seperti putih telur dan dada ayam.


Atur pola makan dengan gizi seimbang

Mengatur pola makan merupakan langkah baik dalam menjaga berat badan ideal. Sebaiknya setelah bangun pagi usahakan minum 2 gelas air putih. Kemudian, pukul 07.00 wib sarapan dengan selembar roti gandum tambah susu mengandung protein, nol lemak dan nol gula.

Sekitar pukul 10.00 wib konsumsi berupa 1 buah apel, atau 1 buah pisang atau segelas jus buah dan ditambah dengan sepotong cemilan kue atau penganan lainnya. Dan, jangan lupa minum air putih sekitar 2 gelas.

Siang, sekitar pukul 12.00 wib- 14.00 wib boleh makan bebas, seperti sepiring nasi ditambah lauk-pauk, sayuran, protein dan menu makanan padanan lauk-pauk lainnya. Dan, segelas air putih.

Sore, sekitar pukul 15.30 wib silahkan minum secangkir kopi, atau segelas teh manis hangat dan 2 gelas air putih. Selanjutnya, anda bersiap-siap olah raga menjaga kebugaran badan. Usahakan latihan fisik secara teratur, misal 3-5 kali dalam seminggu atau istirahatkan tubuh 2 hari dalam 1 minggu dari latihan fisik.

Sehabis olah raga, usahakan batas makan berakhir pukul 21.00 wib, dengan rincian, pukul 19.00 wib konsumsi 1 porsi sayuran, atau 2 potong dada ayam, atau 3 putih telur dan pukul 21.00 wib, konsumsi 1 buah pisang atau apel atau pepaya dan usahakan banyak minum air putih pengganti cairan tubuh yang hilang saat olah raga. Setelah itu, bersiap untuk istirahat, kegiatan makan-makan atau cemilan dihentikan hingga bangun pagi, dan ulangi pola makan ini secara terus-menerus, insha allah dalam waktu 3 bulan anda akan mendapatkan berat badan ideal.

Tips di atas, Medianers sarikan atas saran instruktur di salah satu tempat fitness (Gym). Jika ada pendapat yang bertentangan dengan tips ini, silahkan beri saran yang membangun, sebab tips ini otodidak dilakukan instruktur tersebut dalam menjaga berat badan ideal dan kebugaran tubuhnya.(AW)