Alasan Penting Pendidikan Dan Pelatihan Wajib Bagi Perawat

Medianers ~ Menjalani profesi sebagai Perawat di pelayanan kesehatan penting menjalankan pendidikan dan pelatihan berkelanjutan agar ilmu pengetahuan, skill, dan kemampuan profesional ter-update. Sepanjang Perawat mengabdikan diri pada kemanusiaan, maka pendidikan dan pelatihan wajib dilaksanakan.
Alasan-penting-pendidikan-pelatihan-bagi-perawat
Perawat yang tidak move on, tidak mengupdate ilmu pengetahuan dengan pendidikan dan pelatihan, maka akan terlindas digiling derasnya persaingan. Sebut saja beberapa kebijakan yang harus dilalui oleh Perawat, diantaranya: uji kompetensi, seleksi kredensial, dan tes akademik lainnya agar bisa mendapatkan pengakuan legal saat praktek di pelayanan kesehatan.

Alasan penting lainnya pendidikan dan pelatihan wajib dilakukan Perawat adalah untuk memperpanjang Surat Tanda Registrasi ( STR ). Perawat yang telah kadaluarsa STR-nya, saat memperpanjang, wajib menunjukan telah mengumpulkan 25 SKP ( Satuan Kredit Profesi ) selama 5 tahun.
SKP dimana didapatkan? SKP ini hasil tabungan dari pendidikan dan pelatihan, seperti, seminar, workshop, pertemuan ilmiah, dan pendidikan berkelanjutan lainnya yang penyelenggarannya diakui oleh badan/institusi atau organisasi resmi.

Pertanyaanya, sejawat Perawat sudahkah melakukan pendidikan dan pelatihan berkelanjutan secara terus-menerus ?
Baca juga : Dilema Perawat Melanjutkan Pendidikan Dan Karir
Dalam rangka mempersiapkan diri agar di akui kompeten dan legal oleh peraturan dan perundangan. Saat ini, Ijazah diploma 3 keperawatan atau ijazah Ners saja tidak cukup sebagai jaminan bagi Perawat dalam menjalankan praktek keperawatan di pelayanan kesehatan.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan