Faktor Pemicu dan Penyebab Batu Kandung Kemih

Medianers ~ Batu kandung kemih merupakan penyakit yang sering menganggu penderitanya, penyakit kandung kemih cukup banyak dialami orang Indonesia. Salah satunya seperti gambar dibawah ini yang pernah medianers posting dengan judul, " Wow ! Batu Kandung Kemih Sebesar Kepala Bayi."
Batu-kandung-kemih
Batu kandung kemih
Sebenarnya Apa Sih Faktor Pencetus dan Penyebab Batu Kandung Kemih?

Faktor penyebab batu kandung kemih umumnya dimulai ketika kandung kemih tidak kosong sepenuhnya. Urin (pipis) yang tersisa di kandung kemih akan membentuk kristal yang akhirnya menjadi batu kandung kemih. 

Kondisi paling umum yang menyebabkan batu kandung kemih meliputi:

Pembesaran kelenjar prostat

Prostat membesar, atau benign prostatic hyperplasia (BPH), dapat menyebabkan batu kandung kemih pada pria. Jika prostat membesar, dapat menghambat saluran uretra dan mengganggu aliran urin, menyebabkan urine terkurung di kandung kemih.

Syaraf kandung kemih rusak (neurogenic bladder). 

Biasanya, syaraf membawa pesan dari otak ke otot-otot kandung kemih, mengarahkan otot kandung kemih untuk mengencangkan atau berkontraksi memompa urin keluar. Jika saraf ini rusak oleh penyakit, seperti stroke, cedera tulang belakang atau masalah kesehatan lainnya, maka kandung kemih mungkin tidak kosong sepenuhnya.

Peradangan pada kandung kemih

Batu kandung kemih dapat berkembang jika kandung kemih mengalami peradangan dan Infeksi saluran kemih. Benda lain juga dapat pemicu karena bermigrasi ke kandung kemih, seperti alat kontrasepsi, yang kemudian menjadi batu, cenderung terbentuk pada permukaan perangkat tersebut.

Batu kandung kemih karena Batu ginjal

Batu yang terbentuk di ginjal yang tidak sama dengan batu kandung kemih. Mereka berkembang dalam cara yang berbeda dan sering untuk alasan yang berbeda. Tapi batu ginjal kecil sesekali melakukan perjalanan ke ureter ke dalam kandung kemih Anda dan, jika tidak diatasi, dapat tumbuh menjadi batu kandung kemih.

Di negara berkembang, batu kandung kemih yang umum terjadi pada anak-anak seringkali disebabkan karena dehidrasi, infeksi dan diet rendah protein. Batu kandung kemih terjadi terutama pada orang dewasa, terutama pada usia 30 tahun ke atas.

Kondisi yang berkontribusi terhadap faktor risiko terjadi batu kandung kemih meliputi:

Obstruksi kandung kemih. obstruksi kandung kemih mengacu pada kondisi apapun yang menghalangi aliran urin dari kandung kemih ke uretra, saluran yang membawa urin keluar dari tubuh. Obstruksi kandung kemih memiliki banyak penyebab, tetapi yang paling umum adalah pembesaran prostat.

Kesimpulan, usahakan kosongkan kandung kemih anda segera mungkin, jika sudah berasa ingin pipis, dan atasi segera penyebab aliran urin tidak lancar, sebab urin yang mengendap di dalam kandung kemih faktor pemicu terjadinya batu pada kandung kemih.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan