Cara Mengetahui Penyakit Gula ( Diabetes Mellitus )

Medianers ~ Penderita diabetes mellitus ( penyakit gula) di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama Diabetes Mellitus Tipe 2 merupakan penyakit gula karena gaya hidup. Data International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan, jumlah penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan sebesar 10 juta dengan menempati urutan ketujuh tertinggi di dunia.

Dewasa ini, perkembangan jumlah penderita penyakit gula di Indonesia masuk dalam daftar mengkhawatirkan, sebab penyakit gula termasuk pembunuh nomor 3 terbanyak di Indonesia. Untuk itu perlu semacam pengetahuan dasar bagi pembaca untuk mengetahui tentang tanda dan gejala penyakit gula, agar cara pencegahan penyakit diabetes mellitus bisa dilakukan secara dini.

10 Cara Mudah Mengetahui Penyakit Gula (Diabetes Mellitus)

Seseorang yang mengalami penyakit gula akan menunjukan tanda dan gejala, diantaranya yang mudah dikenali sebagai berikut:
  1. Daerah paling ujung anggota gerak sering terasa kesemutan, seperti jari kaki dan tangan.
  2. Sering merasa haus, lapar dan buang air kecil.
  3. Badan terasa lemas, lelah dan letih.
  4. Wajah terlihat pucat.
  5. Berat badan turun drastis.
  6. Keringat tubuh berbau tidak sedap.
  7. Sisa urine dikerumuni semut, pertanda tingginya kadar gula dalam urine.
  8. Kemampuan 'nonat-nonet' lelaki di atas 'peraduan' menurun.
  9. Bila  mengalami luka sulit sembuh dan kering.
  10. Penglihatan kabur dan terjadi penurunan ketajaman pandangan.
Cara Mudah Mengetahui Penyakit Gula ( Diabetes Mellitus )
Alat sederhana pemeriksaan gula darah
Bila pembaca mengalami beberapa hal dari 10 item di atas, maka sebaiknya periksakan kadar gula dalam darah melalui pemeriksaan laboratorium ke pelayanan kesehatan terdekat. Atau dengan pemeriksaan sederhana melalui alat pemeriksaan digital, dengan cara mengambil setitik darah di ujung jari dengan tusukan jarum, lalu ujung jari dipencet agar keluar darah. Dan, darah tersebut di oleskan ke bilah pemeriksaan digital, kemudian tunggu beberapa saat hingga alat digital pemeriksaan gula darah accu check menampilkan hasil.
Terkait : 5 Masalah Muncul Pada Penyakit Gula
Demikianlah cara mudah mengetahui penyakit gula, yakni mengetahui 10 tanda dan gejala, serta lakukan validasi dengan pemeriksaan laboratorium sederhana. Dan, bila terbukti bahwa kadar gula dalam darah abnormal, maka segera konsultasikan pada ahlinya atau ke pelayanan kesehatan.(aw)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan