Tips Agar Lebih Sehat dan Bugar Pasca Lebaran

Medianers ~ Genap 1 bulan diet umat muslim mulai terpola dengan baik. Setelah bulan ramadhan pergi, pola makan dan minum kembali berubah total, cendrung tidak teratur, makanan tidak sehat saja terkadang dikonsumsi.

Ditambah lagi ketika mengunjungi sanak saudara, hidangan tinggi kolesterol terhidang, seperti gulai 'paruik', gulai cincang, nasi sup, dan aneka sajian makanan daging lainnya. Saat minum, tak lepas dari aneka hidangan minuman manis dan bersoda. Tentunya menambah kadar glukosa dalam darah, yang akhirnya menumpuk ditubuh. 

Apa bila sajian dan hidangan tidak dicicipi, kemungkinan sanak keluarga yang dikunjungi akan kecewa, terkesan tamu tidak menghargai, jadi mau tak mau pola makan dan minum berubah drastis selama lebaran. 

Lalu bagaimana mengatasinya agar kebiasaan makan dan minum semasa lebaran tersebut tidak menjadi penyakit? Ada 2 tips yang dapat pembaca medianers praktekkan, diantaranya:

1. Tips diet atau makan sehat untuk tubuh lebih segar

Menurut dr.Syafrudin, Sp.B yang sehari-hari berpraktik di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh bahwa, agar paska lebaran tidak menjadikan badan terlalu lebar,  tetap awali paginya dengan sarapan yang rendah kalori.

Sarapan rendah kalori yang dimaksud adalah jenis makanan dan minuman yang rendah karbohidrat ( gula ) dan usahakan banyak mengkonsumsi air putih dan minuman herbal. Serta mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.

2. Lakukan Gerakan olahraga ringan 

Tips selanjutnya adalah hindari malas-malasan, tapi lakukan gerakan-gerakan ringan setelah bangun tidur atau sore hari sekira 3-5 menit. Gerakan yang dimaksud seperti gerakan pemanasan, seperti ini :

Lakukan gerakan menengokan kepala ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah dengan bantuan tangan. Lalu, gabungkan jari-jari anda kesela-sela jari tangan lainnya, dan regangkan lurus ke arah atas, ke bawah sampai menyentuh lantai, lalu ke kanan dan ke kiri.

Sedangkan gerakan kaki. Tekuk lutut ke atas sampai menyentuh dada, tekuk kebelakang sampai menyentuh punggung, lalu luruskan salah satu kaki dengan kaki lainnya ditekuk. Dan, bila memungkinkan, lakukan jalan santai dan jogging disekitar rumah atau diluar sambil menghirup udara segar di pagi hari.(AW