Gangguan Pola Nafas Pada Kehamilan 35 Minggu

Medianers ~ Seorang perempuan berusia 23 tahun, hamil pertama, belum pernah abortus dan melahirkan (G1P0A0). Usia kehamilan 35 minggu, datang ke poli KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) untuk konsultasi kehamilan.

Hasil pengkajian perawat, pasien mengeluhkan sering sesak bila melakukan aktivitas dan sulit untuk melakukan aktifitas seperti biasa. Hasil pengukuran tekanan darah : 110/70mmHg, frekuensi napas : 24x/menit dan frekuensi nadi : 88x/menit.

Pertanyaannya, "apakah masalah utama pada kasus tersebut?" Pertanyaan dan ilustrasi kasus Medianers kutip dari halaman 20, buku Pedoman Persiapan Uji Kompetensi Nasional Program Studi Profesi Ners, yang diterbitkan berupa versi pdf oleh Panitia Nasional Uji Kompetensi, Ristekdikti, tahun 2018.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tentang Gangguan Pola Nafas Pada Kehamilan 35 Minggu di atas, terdapat beberapa 5 pilihan jawaban, diantaranya:

  1. jalan nafas tidak efektif.
  2. pola nafas tidak efektif.
  3. gangguan mobilitas fisik.
  4. gangguan rasa nyaman.
  5. kurang pengetahuan.
Dan, menurut Anda diantara ke 5 pilihan jawaban, mana yang paling tepat? Masih menurut buku Pedoman Persiapan Uji Kompetensi Nasional Program Studi Profesi Ners,jawabannya adalah nomor 2, yaitu pola nafas tidak efektif, alasannya adalah pola nafas terganggu karena peningkatan diafragma 4 cm dan mengganggu ekspansi paru, sehingga ibu hamil 35 minggu akan mengalami sesak manakala beraktifitas.(Editor : Anton Wijaya/ Foto : pixabay.com)

Baca juga : Ini Tanda-tanda Awal Kehamilan Wajib Anda Ketahui
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan