Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Perawat


Medianers ~ Bagaimana cara menjadi seorang Perawat? Demikian pertanyaan yang diajukan seseorang pada Medianers lewat pesan daring. Jawabnya, untuk menjadi perawat, seseorang harus menempuh pendidikan keperawatan di Akademi Keperawatan (Akper) atau di Universitas yang ada Fakultas Ilmu Keperawatan.

Sebelum masuk ke Akper atau Fakultas Ilmu Keperawatan, seseorang wajib memiliki ijazah sederajat SLTA. Untuk kampus negri memprioritaskan jurusan IPA, sedangkan kampus swasta, membolehkan calon mahasiswa/i keperawatan dari berbagai jurusan. Seperti IPS, dan jurusan lainnya, yang penting lulus tes saat seleksi.

Lama pendidikan di Akper, selama 3 tahun atau 6 semester. Setelah tamat, dan dapat ijazah DIII Keperawatan, calon perawat juga wajib lulus uji kompetensi agar dapat Surat Tanda Registrasi (STR). STR ini sangat penting dimiliki perawat untuk syarat tes agar diterima bekerja di rumah sakit atau di fasilitas layanan kesehatan, di Indonesia.

Sedangkan, lama pendidikan di Fakultas Keperawatan adalah 4 tahun. Setelah itu, ditambah 2 tahun untuk melanjutkan pendidikan profesi Ners. Jadi total 6 tahun waktu yang dibutuhkan, agar bisa menjadi perawat profesional bergelar Ners. Selanjutnya, sama seperti tamatan DIII Keperawatan, wajib pula mengikuti uji kompetensi agar dapat STR.

Jadi, untuk menjadi seorang perawat, seseorang wajib menempuh pendidikan 3 tahun untuk menjadi Ahli Madya Keperawatan, disebut dengan perawat vokasional. Dan 6 tahun pendidikan untuk menjadi perawat profesional. Demikianlah proses pendidikan yang harus dilalui untuk menjadi seorang perawat. (Anton Wijaya)