PPNI Payakumbuh donor darah

“Tingkatkan kepedulian dengan donor darah massal” merupakan tema yang terpampang di spanduk kegiatan sosial  yang diselenggarakan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh dan didukung oleh Sari Optikal dan Bank Nagari pada hari sabtu tanggal 28/5/2011 berjalan sukses.

Kegiatan yang dibuka secara resmi dengan pengguntingan pita merah oleh Irvan Firdaus yang sekaligus Ketua PPNI Kota Payakumbuh  mendapatkan tepuk tangan meriah dari calon pendonor yang hadir. Menurut Ketua PPNI dan Ketua pelaksana, kegiatan donor darah ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan transfusi darah di pelayanan kesehatan, berhubung kita memiliki anggota yang lumayan banyak, untuk itu digerakan dan difasilitasi agar mereka mau mendonorkan darahnya secara bersama-sama demi peningkatan derajat kesehatan  dan sekaligus sebagai bentuk pengabdian  pada masyarakat.

Pantauan penulis, calon pendonor antusias mengikuti kegiatan yang terbuka untuk umum ini, hal tersebut terlihat dari  calon pendonor yang hadir, dimana calon pendonor ada dari masyarakat umum, pegawai RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh dan dari Kepolisian .

Pandangan Rini Fetrina salah satu petugas pengambil darah yang sekaligus Kepala Unit Transfusi Darah RSUD dr Adnaan WD mengaku puas, dari sekian kali kita mengadakan kegiatan yang sama, kegiatan hari ini lumayan bagus, sebab untuk mengumpulkan orang dan diambil darahnya itu bukanlah hal yang mudah, karena banyak yang takut dan kegiatan ini juga bersifat sosial, tapi hari ini darah yang berhasil kami kumpulkan  sebanyak 8.750 cc atau 35 kantong merupakan hasil mengembirakan buat membantu pasien kita nanti yang membutuhkan transfusi diruang perawatan.


Lihat Foto




Spanduk Kegiatan Donor Darah

Pembukaan Kegiatan oleh Nini Herawati

Sambutan dari Ketua Pelaksana

Ketua PPNI Payakumbuh bersalaman dengan Ketua Komite Keperawatan RSUD dr Adnaan WD setelah pengguntingan pita, sebagai tanda kegiatan donor darah dimulai.

Meja Pemeriksaan Tekanan darah, golongan darah dan Haemoglobin

Mahasiswa Keperawatan Ikutan Donor

Masyarakat dan Petugas RSUD dr Adnaan WD juga ikutan donor

Ketua PPNI mendampingi pendonor

Pendonor dapat puding dan souvenir menarik dari Panitia pelaksana

Panitia sekaligus pendonor tersenyum setelah kegiatan selesai.