Kehamilan Spuriae : Hamil Palsu

Hamil-palsu
Ilustrasi hamil palsu
Medianers ~ Entah kenapa, selama bulan Ramadhan ini saya suka baca buku tentang kebidanan. Termasuk buku Sinopsis Obstetri, karangan Prof. Dr. Rustam Mochtar, MPH. 

Apa yang saya baca, tentunya lebih baik dituliskan lagi, agar tidak lupa. Dan, alahkah baiknya jika dibagikan pula di Medianers.  Oh ya. Pernahkah anda mendengar Kehamilan Palsu? 

Kehamilan palsu ini sering mengecoh ibu-ibu muda yang ingin punya anak. Dalam istilah ilmu Kebidanan, Kehamilan palsu itu dikenal dengan Kehamilan Spuriae atau Pseudocyesis.

Kehamilan Spuriae atau Pseudocyesis, adalah keadaan dimana seorang wanita merasa dirinya benar-benar hamil. Sebenarnya, dia sama sekali tidak hamil.Keadaan tersebut sering dijumpai pada wanita yang mandul dan sangat ingin punya anak. Akibat keinginan kuat yang tidak terdukung tersebut memberikan efek kelainan rasa kejiwaan, sehingga muncul gejala-gejala seperti hamil.

Gejala yang ia rasakan. Seperti, mual, muntah, amenorea, perut membesar atau dibesar-besarkan, bahkan  merasakan gerakan-gerakan janinya.

Pernah dilaporkan seorang wanita datang ke Rumah sakit untuk melahirkan bayi yang dikandungnya. Setelah diperiksa dengan teliti oleh dokter. Ternyata, wanita tersebut tidak hamil, tanda-tanda kehamilan lainya tidak ada. Setelah diberitahukan yang sebenarnya, barulah ibu itu sadar bahwa dia tidak hamil.

Agar tidak terkecoh dengan kehamilan palsu, sebenarnya kita bisa memeriksa sendiri dirumah. Silahkan baca artikel ini, Cara mudah tes kehamilan, hanya untuk pasangan resmi.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan