Luar Biasa Manusia Punya Tiga Ginjal

Tempo lalu teman saya bilang, "bapak X punya tiga (3) ginjal." Mendengar pernyataan teman tersebut saya menjadi kaget, "Kok bisa ?" Tanya saya. " Karena ia transplantasi ginjal" jawabnya. " Ginjal yang rusak nggak dibuang ya?" Bantah saya. Nah, dia pun bingung, "Kok kamu nggak tau sih, kamu kan Perawat Kamar Operasi, masa nggak tau?" Ulasnya.


Meskipun saya bekerja di Kamar Operasi, saya benar-benar tidak tau, karena waktu kuliah, ketika pelatihan Perawat Kamar Operasi hingga saat ini belum pernah melihat atau melakukan transplantasi ginjal/cangkok ginjal apa lagi membaca teorinya.

Pemahaman saya selama ini, transplantasi ginjal adalah mengganti ginjal yang tidak mampu melakukan fungsinya dengan ginjal yang sehat. Dalam kondisi normal manusia punya dua ginjal satu di bagian kiri dan satu lagi di bagian kanan, garis tengahnya adalah tulang punggung. Misal, jika ginjal  kiri rusak maka ginjal kiri di buang dan di ganti dengan ginjal yang sehat.

Apabila ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai  filtrasi dan reabsorbsi, yakni membuang sampah yang tidak di butuhkan tubuh melalui urine dan menyerap kembali yang dibutuhkan tubuh untuk di alirkan keseluruh tubuh melalui darah, dikenal juga dengan gagal ginjal, maka pasien terus-menerus dilakukan tindakan cuci darah di Rumah Sakit.

Bagi yang mampu, tentunya mencari ginjal tambahan untuk di cangkok. Sedangkan yang tidak mampu, yah tetap cuci darah terus-menerus.

Saat pencangkokan, ternyata ahli bedah menanamkan satu lagi ginjal yang sehat pada perut kanan bagian bawah. Tanpa membuang ginjal yang tidak mampu menjalankan fungsinya. Tujuan menambah ginjal adalah agar ginjal yang sehat bisa meringankan kerja ginjal yang telah rusak. 

Ginjal bisa saja di buang satunya lagi apabila terkena infeksi yang bisa menimbulkan komplikasi hebat. Sepanjang ginjal tidak mengalami infeksi, maka ginjal tetap dipertahankan dan akhirnya ginjal pasien menjadi tiga. Sungguh luar biasa, manusia bisa hidup dengan 3 ginjal dalam tubuhnya.

Nah pertanyaanya, bagaimana dengan orang yang mendonorkan ginjalnya, Apakah ia bisa bertahan hidup dengan satu ginjal? Cari jawabannya di artikel ini " Bisakah manusia hidup dengan satu ginjal? "