Aku Bukan Nelson Mandela

Menikmati kesunyian di beranda rumah, hanya ditemani secangkir kopi pahit, membuat imajinasiku semakin tak terkendali. "Cobalah, praktekkanlah, niscaya kau akan bisa." Barangkali itu yang disampaikan jangkrik, mungkin ! Sebagai bentuk penghibur di kesepian malam.
Kutipan-quotes-nelson-mandela
Bintang kecil di angkasa yang menembus kegelapan hingga cahayanya terlihat jelas di teras rumah, menggiringku mengingat Nelson Mandela. Ia adalah presiden Afrika Selatan yang pernah berucap, "Selalu tampaknya mustahil sampai hal itu dilakukan." 

Yah, pria kelahiran 18 Juli 1918 ini, adalah sosok anti diskriminasi dan penjajahan. Nelson Mandela berani melawan arus, bahkan pernah di jatuhi hukuman seumur hidup karena menentang arogansi penguasa. Apa yang diperjuangkan Nelson Mandela, akhirnya berbuah manis, ia berhasil mengikis diskriminasi di negaranya, dan menjadi presiden Afrika Selatan priode 1994-1999 melalui pemilihan demokratis.

Kutipan Nelson Mandela tersebut, sebagai isyarat, bahwa sesuatu yang direncanakan itu, harus dilakukan, dipraktekkan. Jangan hukum diri sendiri dengan kata gagal sebelum dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Nelson Mandela adalah tokoh, aku bukan siapa-siapa, setidaknya hal positif yang lahir dari mulut beliau bisa sebagai motivasi dalam mewujudkan sebuah impian. Minimal merevolusi diri dari kebiasaan buruk, demi sebuah kejayaan di kemudian hari. 

Kopi pahitku mulai dingin, angin malam serasa menusuk ketulang. Seolah menegur, "Segeralah ambil selimut dan tidur."(AntonWijaya/ Catatan menjelang tidur)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan