Peringati Hari Anak Nasional Sebagai Refleksi Diri

Medianers ~ Di Indonesia, hari anak nasional diperingati setiap  tanggal 23 Juli tiap tahunnya. Tepat hari ini, Sabtu (23/7) segenap warga negara Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Sebenarnya apakah substansi dari Hari Anak Nasional ini yang perlu kita renungkan atau peringati?
Peringatan-hari-anak-nasional
Ilustrasi anak-anak bermain di awasi orang dewasa
Hemat penulis, dalam skop kecil, hendaknya Hari Anak Nasional dijadikan sebagai momentum refleksi diri membina anak-anak dalam rumah tangga atau keluarga, ini merupakan upaya kecil. Perlu dipertanyakan, sudahkah anak-anak kita merdeka dari segala bentuk kekerasan dan intimidasi baik kecil, sedang maupun berat dari orang-orang terdekatnya.

Kemudian perlu juga di perhatikan tumbuh kembang anak, apakah sudah sebagaimana mestinya,mengingat tumbuh kembang yang baik, akan menghadirkan kondisi dimana anak-anak tumbuh sehat, tentunya juga cerdas. Dan, tidak gampang sakit.

Hari ini, anak-anak masih banyak di eksploitasi oleh orang dewasa dalam bentuk permainan, orang dewasa menciptakan permainan sehingga anak-anak kena dampaknya, bila kurang kontrol dan luput dari pengawasan. Apakah selaku orang tua sudah mengawasi anak dari permainan 'game' dunia maya, yang kadang anak-anak terlalu apatis dengan lingkungan.

Masih banyak hal-hal kecil yang perlu disikapi dengan arif tentang hak-hak anak yang terabaikan oleh orang-orang dekatnya, terutama orang tua. Semoga peringatan Hari Anak Nasional ini juga mengingatkan kembali kepada kita selaku orang tua tentang apa saja kesalahan yang pernah kita buat selama mendidik dan menjaga anak, agar dapat di petik pelajaran berharga dari pengalaman itu, dan kemudian hari tentunya selaku orang tua, tidak masuk pada lobang yang sama, agar anak-anak indonesia terbebas dari segala bentuk tekanan dalam keluarga dan menjadi pribadi tangguh di kemudian hari yang berdampak lahirnya tokoh-tokoh bangsa Indonesia yang merdeka.(AW)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan