Menjadi Perawat Penulis, Apa Untungnya?

Menjadi-perawat-penulis
Medianers ~ Terlalu naif rasanya jika menanyakan "Apa untungnya jadi Perawat penulis? "Kendati demikian, medianers tetap berupaya mengajak pembaca untuk mengkaji apa untungnya dari menulis yang bisa diraih Perawat, bilamana aktif menulis di media massa cetak maupun online.

Yang jelas menulis itu tidak ada ruginya, seseorang bisa dikenal dan dikenang salah satunya lewat tulisan yang ia tuangkan. Seperti sosok Lilian D Wald misalnya. Ia dikenang sebagai Perawat pelopor peduli kesehatan masyarakat, sebagai aktivis perlindungan anak, dan hak-hak perempuan. Setiap aktivitasnya ia dokumentasikan dalam buku. Semasa hidup ia mengisahkan perjalanan hidupnya dalam buku berjudul "The House on Henry Street (1911) dan Windows on Henry Street (1934).

Bukan saja Lilian D Wald, tapi Mary Jane Seacole, ia menjadi dikenang dan terkenal, bahkan pernah mendapat penghargaan dari Turki dan Francis juga berkat bukunya yang berjudul "The Wonderful Adventures of Mrs Seacole" buku yang menceritakan perjalanannya melakukan pertolongan dan perawatan di saat  perang Krimea.

Maknanya adalah, apa yang dilakukan dua wanita hebat itu, mereka tuliskan dan terdokumentasi dengan baik hingga diterbitkan menjadi sebuah buku layak dibaca banyak orang. Sehingga orang banyak mengetahui apa yang ia lakukan, penilaian, pengkajian, dan berbagai hal pun datang sehingga penghargaan pun akan lahir menyertainya. Coba saja jika dua sosok  Perawat yang medianers maksud di atas tidak menuliskan apa yang ia lakukan, tentunya hingga hari ini namanya lenyap tak dikenang, karena sepak terjangnya tidak diketahui.

Dewasa ini, pilihan untuk menulis tidak serumit masanya Lilian D Wald dan Mary Jane Seacole. Hari ini, Perawat bisa dengan mudah menuliskan perjalanan hidupnya, pikiran, opini maupun hasil penelitiannya dengan mudah. Salah satunya melalui blog. Demikian juga dengan buku, sangat gampang menerbitkannya melalui penerbit indie yang banyak bertebaran di internet.

Masih bertanyakah anda tentang Menjadi Perawat Penulis apa untungnya ? Ya, selain mendapatkan "nama" tentunya akan menghasilkan uang. Baik menulis di blog maupun menerbitkan tulisan melalui buku dan koran. Menulis opini di koran, anda akan dibayar. Demikian juga di blog, bilamana tulisan anda dicari orang banyak, maka google adsense akan tertarik menggaji anda melalui iklannya, begitu juga produk suatu perusahaan, dengan mereview anda akan di bayar, pembayaran tergantung kesepakatan.

Kesimpulannya, sangat banyak keuntungan Menjadi Perawat penulis. Terutama untuk mendapatkan "nama" agar dikenal dan dikenang, kedua untuk menambah penghasilan. Jadi, bilamana anda tertarik untuk menulis, maka tuliskanlah aktifitas Keperawatan anda kapan saja dan dimana saja melalui media.(AntonWijaya).