Seperti Apa Pekerjaan Perawat di Amerika dan Berapa Gajinya ?

Gaji-perawat-di-amerika
Payakumbuh ~ Hello pembaca setia ! Kali ini medianers mengupas tentang bagaimana kenyamanan bekerja dan pendapatan serta jadwal dinas Perawat di Amerika, tentunya berdasarkan hasil wawancara medianers dengan Idel Mesrawati, RN, BSN yang saat ini bekerja di Kaiser Permanente Hospital, California, USA. Tentang beliau telah medianers posting "Di Amerika, perempuan asal sungai-geringging meniti karir sebagai Perawat di Rumah Sakit terkenal."

Baiklah, di Amerika Perawat sangat menghormati hak pasien dan keluarga. Demikian pula sebaliknya. Bilamana pasien dan keluarganya komplain atau marah-marah, Perawat tidak perlu merespon atau ikut berdebat, cukup lapor ke pihak keamanan dan tinggalkan pasien atau keluarga yang komplain tersebut. Selanjutnya, Perawat berhak menyampaikan ke manajemen menolak untuk merawat pasien tersebut, dan pasien pun memiliki hak untuk tidak dirawat oleh Perawat bersangkutan. Begini jawaban Idel Mesrawati, RN, BSN dalam bahasa minang khas Pariaman saat medianers ajukan pertanyaan sebagai berikut:

Bagaimana kenyamanan Perawat bekerja di Amerika? Dan, bagaimana pula hubungan antara perawat dengan dokter, serta pasien dan keluarganya serta manajemen rumah sakit?  Serta adakah tekanan pada Perawat dalam penyelesaiaan masalah?
"Disiko pasien jo keluarga e Harus di hormati, pasien suko beghang2 Ka doktor jo perawat disiko Awak Ndak bisa beghang baliak doh, Kalau Lah terlalu bana awak tingga imbau security je li bia Inyo nan ma uruih. Atau di ganti pasien wak. Apolagi Kalau perawat ado Union e langsung bisa Laporkan Kalau ado nan Indak adil. Takanan Dari management atau doktor Ndak ado doh disiko ado aturan e sado e."
Artinya : Disini pasien dan keluarga harus dihormati, pasien suka marah ke dokter dan Perawat, tapi kita tidak bisa membalas dengan marah pula.  Kalau keterlaluan, kita panggil sekuriti, biar mereka yang mengurus. Atau, Perawat meminta diganti pasien. Bilamana ada "union" langsung bisa laporkan, jika kalau ada yang tidak adil. Tekanan dari manajemen atau dokter tidak ada disini, semuanya ada aturan.

"Union" dalam tanda kutip di atas, kata Idel adalah, "Semacam organisasi yang melindungi Perawat di Rumah Sakit." Kemudian pasien dan keluarga bilamana tidak puas terhadap pelayanan Perawat, mereka juga bisa melapor kepada unit pengaduan dan berhak pula meminta atau mengganti dengan Perawat lainnya. Jadi, seperti yang disampaikan Idel semuanya ada aturan mainnya.

Terkait rasio, idealnya 1 perawat itu berapa pasien yang dilayani atau diberikan asuhan keperawatan?

"Tergantung unitnya, kalau medical-surgical 1:5 ( 1 Perawat  melayani 5 pasien), Kalau Step down unit / Telemetry 1:4 ( 1 Perawat mengurus 4 pasien) . Kalau ICU 1:1 (1 Perawat menangani 1 pasien). Tidak boleh lebih dari yang telah ditentukan. Jika sedang sibuk, management manyuruah tambah Pasien, bisa dilaporkan ke nursing board (organisasi perawat di state/organizasi yang tertinggi untuak perawat di propinsi)." Ungkap Idel yang sedang menyelesaikan S2 Keperawatan di University of Phoenix, USA melalui Messenger.

Maksudnya, medical-surgical merupakan bangsal perawatan (rawat inap) seperti bangsal penyakit dalam dan bangsal bedah. Sedangkan step down unit / telemetry adalah step down itu untuk perawatan pasien yang koma, diintubasi, atau yang tidak stabil. Telemetry sama dengan cardiac unit, semua pasien terpasang monitor di tubuhnya, untuk memonitor kerja jantung.

Bila ada masalah dengan kerja jantung, cepat atau lambat atau gangguan lain, maka monitor di nurse station langsung tampak secara otomatis transfer gambar EKG ke Perawat yang menjaga pasien lewat spektra link (semacam handphone khusus petugas) setiap perawat memiliki gadget tersebut. Komunikasi pasien dengan Perawat langsung ke handphone (gadget) khusus tersebut.

Di Amerika, berapa gaji Perawat yang bekerja di Rumah Sakit ?

Di Amerika, Perawat di gaji berdasarkan tingkat pendidikan, semakin tinggi pendidikan makan semakin tinggi pula pendapatan dan semakin mudah pula Perawat diterima kerja di berbagai Rumah Sakit. Kemudian Perawat di gaji berdasarkan jumlah jam, bukan perbulan, tapi dihitung dalam hitungan jumlah jam.

Menurut Idel, "Perawat yang memiliki sertifikat CNA (Certified Nursing Assistant), kira-kira Perawat setingkat SPK, mendapat kisaran gaji $14-18 per jam. Sedangkan LVN (Licensed Vocational Nurse) setingkat Akper, pendapatan sekitar $25-35 per jam. Sedangkan RN (Registered Nurse), setara Ners, mendapat bayaran $45-70 per jam. Sementara specialist certificate ( Perawat bersertifikat spesialis) mendapat gaji sekitar $80-100 per jam. Pendapatan atau gaji Perawat juga dipengaruhi oleh pengalaman kerja dan lama pengabdian di rumah sakit." Jelasnya.

Kemudian Idel menambahkan, "Bila Perawat kerja di hari libur, gaji dapat dua kali lipat. Dan, ada juga Perawat kadang dibayar straight pay, maksudnya, jika kerja 12 jam dalam 1 shift dinas, maka gaji tetap sama, dari jam pertama sampai jam 12. Dan, pilihan lainnya ada rumah sakit yang membayar 8 jam pertama standar, dan jam 8 hingga jam 12 (4 jam terakhir) pembayaran dinaikan menjadi 1 setengah. Contohnya, Kalau gaji Perawat 5 dollar per jam, maka 4 jam terakhir ( setelah 8 jam) naik menjadi 7.5 dollar per jam. Cuma biaya hidup di Amerika besar, jadi akhirnya sama juga, walaupun pendapatan besar, keluarnya juga besar."

Bagaimana pengaturan jadwal dinas dan disiplin kerja di tempat anda bekerja?

"Jadwal dinas  flexible, tapi kalau ada keperluan, saya bisa ganti shift dengan kawan, yang penting ada Perawat setara yang menggantikan, terkait ini tidak ada masalah. Disiplin dinas sangat prioritas, kalaulah masuk dinas, tidak ada waktu berleha-leha. Istirahat dapat 30 menit. Setiap Perawat wajib pakai kartu (id card) untuak dicolokan saat masuk kerja,  saat istirahat juga demikian, colok lagi  sasudah istirahat, sebelum pulang juga dicolokkan kembali, ketika mencolokan id card ini sudah terdata sebagai absensi. Pada umumnya di rumah sakit 12 jam kerja, 1 shift dinas, selama 12 jam tidak ada cerita main-main, kecuali jam istirahat, kadang awak ndak tau di luar hujan atau panas." Ungkap Idel.(AntonWijaya)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan