Tips sederhana menjelang operasi terencana bagi pasien


Kesehatan sangat penting bagi manusia sebab tanpa kesehatan yang memadai manusia akan kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.Sehat dan sakit merupakan siklus yang akan dilalui oleh manusia baik yang dipengaruhi keturunan maupun oleh gaya hidup,jika seseorang berada pada siklus sakit dan di diagnosa suatu penyakit yang harus dilakukan tindakan operasi mungkin tips di bawah ini akan membantu dalam mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan mempercepat proses penyembuhan.

  1. Pahami dengan seksama persetujuan tindakan operasi atau informed contents sebelum anda menandatangani persetujuan tersebut,yang mana dalam informed contents pada hakikatnya menyatakan bahwa pasien dan keluarga telah mengerti dan memahami tindakan medik yang akan dilakukan dan tidak akan melakukan tuntutan secara hukum jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan.Untuk itu, pasien sebagai pengguna jasa pelayanan berhak mendapatkan informasi yang sedetil-detilnya maka tanyakanlah kepada petugas kesehatan yang menangani.Pasien atau keluarga dapat mengajukan pertanyaan tentang prosedur tindakan yang akan dilakukan,kemungkinan komplikasi operasi dan lamanya proses pengobatan setelah operasi dan lain-lain yang dirasa perlu,sampai anda bisa mengerti dan memahami dengan seksama.
  2. Patuhi anjuran puasa minimal 6-8 jam sebelum operasi.Hal ini bertujuan mengosongkan isi lambung agar tidak masuknya sisa makanan ke dalam paru-paru pada saat reflek muntah yang bisa berakibat pada kematian.
  3. Tinggalkan atau buka seluruh aksesoris dan perhiasan sebelum masuk kamar operasi seperti gigi palsu,cat kuku,anting,cincin,kalung dan gelang.
  4. Usahakan mandi dengan memakai sabun antiseptik sebelum masuk kamar operasi untuk meminimalisasi resiko infeksi.
  5. Berdoa dan bersikap positif terhadap proses teraphy yang dilalui dan menanamkan sikap penuh harapan bahwa setiap penyakit ada obatnya.

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan