Kiat mengatasi Stress dan Kegagalan saat menghadapi ujian CPNS

Stress adalah kondisi gugup dan kekhawatiran tak terkendali yang dipicu oleh angan-angan masa depan dan peristiwa masa lalu yang pahit terhadap kegagalan.

Stress identik dengan kecemasan dan rasa takut, dimana seseorang merasa dalam situasi terancam terhadap kegagalan yang dirangsang oleh bahaya yang dibayangkan, sehingga kecemasan mempengaruhi seseorang terhadap situasi atau keadaan yang akan dihadapi.


Kiat mengatasi stress dan kegagalan


Agar anda tidak stress terhadap kegagalan saat ujian atau saat pengumumuman kelulusan, mungkin kata-kata motivasi dibawah ini membantu untuk meringankan.

Pertama, saya mengutip kata-kata bijak dari Mario teguh, yaitu "Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil."

Kedua, saya copy paste kalimat bijak dari www.motivasi-islami.com, bahwa "Kita tidak pernah tahu, apakah kita akan gagal atau berhasil. Hanya satu untuk mengetahui jawabannya, yaitu dengan mencoba."

Nah, kenapa kita takut gagal? kenapa kita harus stress? tugas kita adalah untuk mencoba, berusaha dan berdoa.

Seandainya tidak lulus, jangan khawatir, tidak usah stress, anda tidak akan dibilang bodoh atau gagal, sebab berkaca dari pengalaman orang-orang sukses, bahwa kegagalan itu karena kita belum menemukan cara atau jalan yang benar.

Coba ingat! Thomas Alfa Edison, pada mulanya ia dianggap bodoh oleh gurunya, sehingga ia dikeluarkan dari sekolah. Ibunya memutuskan untuk mengajari sendiri, karena tak ada sekolah yang mau menerima, namun apa yang terjadi? dia berhasil bereksperimaen dan menemukan lampu pijar.

Thomas Alfa Edison sukses, karena telah kehabisan apa yang disebut kegagalan. Bayangkan dia telah banyak sekali mengalami kegagalan yang berulang-ulang. Bahkan saat dia ditanya apakah dia tidak bosan dengan kegagalannya, Thomas Alfa Edison menjawab: "Dengan kegagalan tersebut, saya mengetahui ribuan cara agar lampu tidak menyala".

Thomas Alfa Edison memandang kegagalan dari kaca mata yang sangat positif. Kegagalan bukan sebagai kekalahan atau kebodohan, tetapi dipandang dari sisi yang positif dan bermanfaat, yaitu mengetahui cara agar lampu tidak menyala.

Meskipun kita bukan Thomas Alfa Edison, juga bukan Mario teguh, setidaknya kita tidak patah arang untuk mencoba dan berani gagal dalam menghadapi ujian.

Baca Juga: