Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Merangsang Anak Usia Dini Gemar Menulis

"Lingkaran kecil, lingkaran kecil...Lingkaran besar. Di beri picang, di beri picang, tak mau makan.Enam ! Enam ! Berlika- liku...Enam ! Enam !..di beri siku.. Yeeee e e...e." Sambil bertepuk tangan, Areta Anwi kegirangan telah merampungkan gambar menyerupai boneka. 

Lingkaran kecil 2 kali berarti mata. Dan satu kali lingkaran besar bermaksud membuat tengkorak. Sedangkan di beri pisang 2 kali merupakan membuat telinga, dan tak mau makan adalah menyerupai gambar mulut.

Angka enam 2 kali dan di beri garis penghubung berlika-liku mengekspresikan bentuk tangan. Sedangkan angka enam 2 kali lagi dan di beri garis penyatu berbentuk siku untuk menginterpretasikan gambar kaki. 
Akhirnya seluruh bait lagu yang di padu -padankan dengan nyanyian akan menjadi satu kesatuan berbentuk gambar boneka.

Dari hari kehari-hari Areta semakin lancar, baik lafas tiap bait lagu, maupun coretan tinta di atas kertas, mulai menyerupai boneka, meskipun tak sempurna.

Areta saat ini berusia 2 tahun empat bulan pun terlihat semangat, dengan mengatakan " Yeee e ee" sambil tepuk tangan setelah menyelesaikan lagu dan lukisan, demi mengharapkan satu kalimat pujian, " Pintar Areta ya."

Yah, cerita di atas merupakan sebuah usaha merangsang minat anak belajar sambil bermain, serta mensosialisasikan tentang dunia tulis menulis dari dini.

belajar menulis

Salam
Anton Wijaya, Payakumbuh.

Posting Komentar untuk "Kiat Merangsang Anak Usia Dini Gemar Menulis"