Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Di Amerika, Perempuan Asal Sungai Geringging, Meniti Karir Sebagai Perawat di Rumah Sakit Terkenal

Medianers ~ Disela-sela kesibukannya sebagai Perawat di salah satu Rumah Sakit terkenal di California, USA, tepatnya di Kaiser Permanente Hospital, tak lantas membuat Idelinis Mesrawati berpuas diri, ia masih melanjutkan kuliah di jurusan Keperawatan, yakni Master of Science In Nursing (MSN) di University Of Phoenix.

Perempuan kelahiran Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar tahun 1973 ini, mengaku pada Medianers, " kini uni sedang melanjutkan pendidikan sambil bekerja, mengambil MSN. Insyaalah , Juni tahun depan selesai. Mohon doanya ya," pinta Uni Del, sapaan akrabnya.

Perjalanan Idelinis Mesrawati sebagai Perawat di Amerika terbilang unik dan berliku. Ia meninggalkan kampung halaman sekitar penghujung tahun 1997. Dan, pada tahun 1998 wanita tamatan SMA Negeri 1 Sungai- Geringging ini, menyesuaikan pendidikan di Amerika, " saya sekolah lagi, setingkat SMA. Lama pendidikannya tidak harus 3 tahun, tapi mengikuti penyesuaian dengan ujian persamaan, dengan istilah dichallenge," ungkap Idel.

Setelah mendapat ijazah setara SMA-nya Amerika, Idelinis Mesrawati melanjutkan sekolah semacam pendidikan dan pelatihan dengan jurusan CNA (Certified Nursing Assistant). Lama pendidikan kurang lebih 1 tahun. Pendidikan ini ditujukan sebagai asisten Perawat di pelayanan kesehatan.

Setelah menyelesaikan program CNA, Idelinis Mesrawati dapat pekerjaan sebagai skilled nursing facility di Buena Bentura Care Center. Ia bertugas mengurus orang tua dan pasien setelah operasi. Tidak berapa lama, Idel pun melanjutkan pendidikan sambil bekerja, mengambil pendidikan tingkatan LVN (Licensed Vocational Nurse).

Waktu pertama kali bekerja sebagai CNA di Buena Bentura Care Center, Idelinis Mesrawati mengeluh, "dua minggu saya menangis terus, soalnya semua pasien berbahasa spanyol. Saya hanya mengerti bahasa Inggris. Saya tidak tau bahasa spanyol. Tapi, saya tidak ingin berhenti bekerja. Jadi, saya berusaha belajar bahasa Spanyol," tuturnya pada Medianers melalui Messenger.

"Akhirnya, saya Lulus LVN, dan masih tetap kerja di Buena Bentura Care Center. Tapi kadang- kadang ambil kerja sampingan home care, yaitu merawat pasien di rumahnya, di bayar setiap saya berkunjung. Lumayan untuk menambah pendapatan," ungkap perempuan yang sudah menikah dengan lelaki asal Meksiko tersebut.

Idelinis Mesrawati menambahkan, tidak berapa lama ia resign dari Buena Bentura Center, dan pindah kerja ke Holywood Presbyterian Hospital.

Kemudian ia dapat pula offer kerja di Santa Monica Golstar Rehab Center, jadi kerja di dua tempat. ditambah pula melanjutkan sekolah ke Bachelor Of Science In Nursing di University Of Phoenix.

"Tahun 2013 saya mulai sekolah BSN (Baccalaureate Science in Nursing), tahun 2014 selesai," imbuh Ibu Steven tersebut, putra sulungnya.

Medianers pun sulit membayangkan kesibukan Idelinis Mesrawati setiap hari, selain bekerja di dua tempat ia juga mengasuh anak serta melayani suami Pato Hernandez yang terlihat di akun media sosialnya sangat menyanyangi keluarga.

Tapi, semua itu dapat ia lalui dengan segenap hati. " Saat hamil kedua, saya memutuskan berhenti bekerja di Holywood Presbyterian Hospital. Saya  fokus mencurahkan waktu untuk bayi dalam kandungan dan keluarga," katanya.

Setelah proses persalinan selesai dan putri cantik yang dilahirkan Idelinis Mesrawati bernama Selma. Saat ini berusia 2 tahun, merupakan anak kedua, yang berulang tahun 31 Juli, maka Idelinis Mesrawati kembali bekerja di Monterey Park Hospital.

Ia mendaftar di Monterey Park Hospital setelah lulus program dan menyandang gelar RN, yaitu Registered Nurse. Sebuah program yang melisensi Perawat profesional di Amerika.

Pada tahun 2015, Idelinis Mesrawati pun pindah kerja ke Rumah Sakit yang lebih terkenal di California, dan merupakan idaman bagi petugas kesehatan untuk dapat bekerja disana, karena gaji besar yang ditawarkan.

" Tahun 2015 saya diterima kerja di Kaiser Permanente Hospital. Rumah sakit terkenal di California. Susah dapat kerja disini. Soalnya gaji paling besar, benefits mantap," ungkapnya.
Terkait : Seperti Apa Pekerjaan Perawat di Amerika dan Berapa Gajinya ?
Idelinis Mesrawati menambahkan, "kini saya sedang melanjutkan kuliah Master of Science in Nursing. Insyaallah , Juni tahun depan selesai. Kalau diizinkan yang kuasa, selesai pendidikan MSN, saya rencana kerja sampingan, mengajar di RN program," tambahnya penuh harap.

Kemudian, perempuan tangguh itu mengaku sangat rindu pada kampung halaman, orang tua dan keluarga. Juga termasuk makanan khas Pariaman, " suatu saat saya pasti akan pulang, saya rindu kampung halaman, keluarga dan makanan Pariaman," tutupnya. (AntonWijaya).
Idelinis-Mesrawati
Idelinis Mesrawati, wanita asal Sungai-Geringging lulusan Bachelor Of Science In Nursing, University Of Phoenix menjalani karir sebagai Perawat Terdaftar (RN) di Kaiser Permanente Hospital, USA. / Medianers.