10 Manfaat Menulis di Blog, Yang Akan Membawa Dampak Luar Biasa

Banyak teman yang bertanya, "Apa sih manfaatnya menulis di blog? " Menurut Medianers, sangat banyak manfaat menulis di blog. Silahkan simak 10 item manfaat menulis di blog, diantaranya:
Pada dasarnya, kita sudah terbiasa menulis

1. Untuk melatih kepekaan terhadap apa yang terjadi di sekeliling kita


Jika sudah menceburkan diri aktif menulis di blog, atau baru memulai menulis di blog, maka tanpa di sadari, naluri seseorang akan sensitif ingin mengetahui, atau mendalami suatu peristiwa atau kejadian , sebagai bahan untuk di tuliskan.

Jika kegiatan itu secara terus-menerus dilakukan, tanpa anda sadari, anda sudah bisa disebut peka terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan anda.

2. Untuk mengasosiasikan pikiran dalam bentuk yang bisa dipahami oleh orang lain (pembaca)


Biasanya anda mengelola pikiran tidak sinkron antara satu dengan yang lainnya, dengan menulis anda dituntut mampu mengkaitkan antara pemikiran A, dengan pendapat B, sehingga terjadi kesesuaian pola pikiran antara A dan B yang bisa dipahami oleh orang lain.

Meskipun awal menulis, anda mengalami kendala, dengan terus berlatih anda akan menemukan kemudahan, bagaimana cara mengasosiasikan pikiran dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami pembaca. Insha Allah.

3. Mencegah agar otak tidak "baku" dan Persyarafan otak tidak menciut

Menurut dosen saya, beliau dokter ahli syaraf, " Apabila seseorang tidak merangsang persyarafan yang ada di otaknya berpikir, maka sel-sel syarafnya akan menciut, bahkan sel-sel syaraf bisa mati. 

Sebaliknya, apabila seseorang selalu merangsang sel-sel syaraf yang ada di otaknya berpikir dan menganalisa sesuatu, maka sel-sel syaraf akan berkembang dengan baik, dan akan mudah menangkap segala informasi.

Jadi, salah satu usaha agar syaraf yang ada di otak tidak menciut, dapat di cegah dengan cara, menulis di blog.

4. Untuk mengawetkan pikiran terhadap pengalaman menarik, pengalaman buruk, baik,dll, sebagai bekal dikemudian hari lebih matang dalam menganalisa sesuatu

Jika anda pernah punya pengalaman menarik atau pengalaman buruk akan sesuatu hal, lalu anda tuliskan dan mencoba mendokumentasikan di blog.

Pembaca atau pengunjung blog anda memberi tanggapan, dan terjadi interaksi, mungkin ada komentar "miring" atau komentar bagus, maka secara tidak langsung akan merubah sikap dan pola pikir anda dikemudian hari terhadap bagaimana cara mengelola sesuatu pengalaman dengan bijaksana, dan menganalisanya untuk perbaikan di masa yang akan datang.

5. Sebagai bahan pembelajaran yang tidak pernah ada akhirnya


Menulis di blog pribadi, banyak hal yang wajib di pelajari, misal, meskipun tulisan yang anda publikasikan bagus, belum tentu di baca banyak orang, sebab blog anda bisa saja belum di indeks oleh mesin pencari atau judul dan konten yang anda buat tidak memenuhi standar Search Engine Optimum (SEO). Dan, banyak faktor lain yang harus di kuasai, seperti tampilan blog, dan cara promosi tulisan di media sosial.

Dengan adanya fenomena demikian, tentunya anda akan berusaha mengetahui, otomatis belajar. Untuk apa menulis jika pesan yang ingin disampaikan tidak dibaca orang? Akhirnya anda akan terus berusaha dan belajar, yang tidak akan pernah ada akhirnya, selagi dunia online bersifat dinamis.

6. Sebagai bentuk "personal branding"


Pastinya, orang pintar mungkin lebih banyak dari anda di lingkungan tempat anda tinggal, atau yang lebih kaya, keren dan ganteng. Tapi, orang-orang diluar sana tidak mengenalnya, tidak mengetahui kemampuannya, tidak bisa dinilai pola pikirnya oleh pembaca dari kota/tempat lain, karena apa?

Karena ia tidak menulis, karena ia tidak pernah men-share isi kepalanya dalam bentuk tulisan.

Suatu saat anda bisa saja mendapat sebuah penghargaan dari instansi, organisasi atau dari sebuah perusahaan, berkat tulisan anda yang bermanfaat bagi orang banyak. Tentunya nilai tawar anda akan naik seiring berjalannya waktu.

7. Sebagai hiburan di kala waktu senggang

Banyak orang mengisi waktu senggangnya dengan main games, bernyanyi, dan bermenung, yang bisa membuat dirinya berfantasi dan menyenangkan.

Seandainya anda telah berkomitmen pada diri sendiri untuk menulis di blog, maka, menulis di blog akan terasa nikmat, sebagai hiburan yang membahagiakan diwaktu senggang.

8. Sebagai pemotivasi agar lebih banyak membaca, sebab tanpa membaca, seorang blogger akan miskin kosa kata

Efek menulis di blog, akan menuntut anda agar membaca lebih banyak tulisan orang lain, baik cetak maupun elektronik. Sebab, anda akan menilai tulisan anda, melalui tulisan orang lain, renyah atau tidaknya isi tulisan kita apa bila enak dibaca oleh orang lain.

Maka dari itu, di saat anda membaca tulisan orang lain, terasa gurih dan renyah, berarti anda akan mengambil pelajaran dari tulisan tersebut, " ternyata begini yah, tulisan yang enak dibaca itu", lirih anda dalam hati.

Kemudian, banyak membaca juga untuk mencari inspirasi, menambah kosa kata, dan menambah wawasan sebagai bahan tambahan tulisan.

9. Sebagai pemicu untuk terus belajar dan belajar sesuatu yang baru

Setelah anda rajin menulis di blog pribadi. Anda akan menemukan banyak kekurangan,dan banyak pertanyaan yang akan berkelabat di otak.

" Bagaimana cara menulis reportase yang baik? Bagaimana cara menulis opini yang menarik? Dan, bagaimana caranya produktif menulis?" Dan banyak lagi yang akan, ingin anda tanyakan, sangat ilmiah, sifat dasar manusia, ingin mengetahui banyak hal.

10. Sebagai salah satu sumber penghasilan


Jika blog anda bagus, tulisan anda "renyah" dan memiliki trafik tinggi, banyak perusahaan yang tertarik untuk bekerjasama dalam program periklanan, yang bisa menghasilkan uang. 

Tinggal keputusan anda, ingin menulis sambil berbisnis atau hanya untuk menulis semata. Berjalannya waktu, anda akan memahami peluang dahsyat, bahwa blog pribadi bisa sebagai "mesin uang" untuk menambah penghasilan.

Demikianlah, menurut Medianers, 10 hal  manfaat menulis di blog, yang bisa berdampak luar biasa.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan